Inilah Sosok di Balik Atribut ‘Super Hero’ New Man, M Yunus : Saya Wakafkan Diri Ini untuk Terus Sosialisasikan Protokol Kesehatan

471 views
M Yunus, Camat Sawahan ada di balik atribut unik New Man ini.

iniSURABAYA.com – Sosok New Man, ikon protokol kesehatan Pemkot Surabaya langsung menyita perhatian warga Kota Pahlawan ini. Dibalut atribut yang unik, New Man aktif blusukan di sejumlah lokasi terutama yang sering dikunjungi banyak orang.

Siapa sebetulnya pria berkepala plontos dan perut buncit yang ada di balik busana hijau lengkap dengan sepatu booth, sarung tangan oranye, dan memakai masker ini?

“Ikon New Man itu merupakan ide Bu Risma yang saat itu meminta jajarannya di Pemkot Surabaya untuk membuat ikon supaya masyarakat selalu ingat kepada protokol kesehatan,” ungkap New Man yang ternyata adalah M Yunus, Camat Sawahan.

Menurut Yunus, ide tersebut kemudian diterjemahkan oleh Irvan Widyanto, Wakil Sekretaris IV Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya yang sekaligus Kepala BPB Linmas dengan membuat ikon New Man.

“Kebetulan saya yang dipilih Pak Irvan. Karena perut saya buncit dan kepala botak, mungkin ini unik, sehingga saya wakafkan diri saya ini untuk terus mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat, supaya Covid-19 ini cepat selesai di Surabaya. Apalagi, kalau hanya penertiban terus saya kira warga bosen ya, makanya beliau bikin ini,” ungkap Yunus.

Baca Juga : http://inisurabaya.com/2021/01/ingatkan-warga-kota-terapkan-disiplin-3m-super-hero-new-man-blusukan-ke-pasar-tradisional-hingga-mall-di-surabaya/

Karena itu, dia juga mengajak kepada warga Kota Surabaya untuk terus disiplin menjaga protokol kesehatan. Apalagi, saat ini sudah ada Perwali 67 yang memberlakukan denda bagi pelanggar protokol kesehatan sebesar Rp 150.000.

“Bagi pengusaha dan masyarakat sebagai individu akan didenda Rp 150.000 jika melanggar protokol kesehatan, dan itu tidak perlu sidang. Makanya ayo kita sama-sama disiplin,” tegasnya.

Sementara Irvan Widyanto mengaku sengaja beraksi bersama New Man ke KBS dan Mal karena momennya tepat, yaitu momen New Year dan ada New Man.

Makanya, yang di sasar saat ini adalah tempat-tempat yang banyak dikunjungi warga pada saat libur tahun baru ini. “Kami juga menyasar pasar-pasar tradisional dan tempat kerumunan lainnya,” tandas Irvan yang sejak awal mendampingi sang New Man.

Mantan Kasatpol PP Surabaya ini juga memastikan bahwa selain sosialisasi protokol kesehatan, dia bersama jajaran Linmas juga membagi-bagikan masker kepada para masyarakat Surabaya yang tidak memakai masker.

Dalam aksi perdana di KBS dan mall, rombongan New Man ini membagikan sekitar 1000 masker, baik masker anak-anak maupun dewasa. Melalui aksi tersebut Irvan berharap warga tidak kendor dalam menjaga protokol kesehatan.

“Menurut kami, vaksin terbaik adalah perubahan perilaku dengan biasakan yang tidak biasa, dengan cara itu, insyallah Covid-19 di Surabaya segera selesai,” pungkasnya. dit/dbs

#camatsawahan #myunus #newman #pemkotsurabaya #protokolkesehatan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)