Kembali Aktifkan Forum ‘Ngobrol Santai Berfaedah’, Okta: “Setiap Orang Butuh Kanal untuk Melepas Ketegangan”

816 views
Pasangan konselor Oktastika – Kartikanita kembali mengaktifkan forum ‘Ngobrol Santai Berfaedah’

iniSURABAYA.com – Kumpul-kumpul, saling berbagi inspirasi untuk mendapatkan pemahaman baru dalam kehidupan. Itulah yang coba dilakukan Oktastika Badai Nirmala SPsi dan Kartikanita W SPsi melalui forum ‘Ngobrol Santai Berfaedah’.

Pasangan konselor yang sama-sama lulusan Universitas Putra Bangsa Surabaya Jurusan Psikologi ini mengaku aktivitas tersebut sudah mereka lakukan sejak tahun 2007. Tetapi, belakangan kegiatan bersama teman-teman komunitasnya itu tersisih oleh padatnya undangan yang harus dipenuhi oleh Oktastika maupun Kartikanita.

Kini, mereka mencoba menghidupkan kembali forum tersebut. “Bahas kegiatan orang setiap hari itu macam-macam akibatnya, salah satunya rawan stres. Apalagi dalam kondisi sekarang,” tegas Oktastika kepada iniSurabaya.com.

Uniknya, Oktastika dan Kartikanita menggunakan kartu ‘Point of You’ untuk mengungkap kepribadian seseorang, terutama dalam upaya mendapatkan insight baru yang bisa dipakai untuk menata ulang pikiran.

“Jadi ketika solusi datang, maka stres pun hilang!” tandasnya.  

Forum ‘Ngobrol Santai Berfaedah’ ini diakui Kartikanita sebagai ajang kampanye bahwa konsultasi diperlukan untuk mencari jalan keluar atas setiap masalah. “Kami ingin tekankan bahwa konsultasi itu oke. Nggak apa-apa lo kamu cerita ke orang lain yang kamu percaya. Help me!” imbuhnya.
ibu satu anak yang juga dikenal sebagai pendongeng dengan sapaan Kak Nitnit ini tak menepis kadang orang enggan berbagi cerita lantaran menganggap masalahnya sepele sehingga cenderung memendam sendiri.  

“Tetapi orang lupa, dari masalah receh itu bisa jadi besar. Jadi kenapa tidak diceritakan saja masalah-masalah yang receh ini. Ngobrol saja, saling berbagi cerita,” katanya.

Oktastika menambahkan, agenda ‘Ngobrol Santai Berfaedah’ itu rencananya diselenggarakan rutin sebulan sekali secara luring. “Setiap orang butuh kanal untuk melepas ketegangan,” paparnya.  

Upaya melepas ketegangan itu, kata Kak Nitnit, bisa dilakukan dengan tahapan pengenalan diri sendiri. Mengenali diri sendiri membuat seseorang mengetahui apa yang harus dia lakukan.

“Saat sudah kenal, maka kita tahu tujuan hidup ke arah mana. Selanjutnya, kita bisa mencari teman untuk diajak bekerjasama mewujudkan impian itu,” bebernya.

Upaya mengenali diri sendiri ini, ujar Kak Nitnit, bisa dilakukan dengan banyak cara, dan salah satunya adalah dengan metode kartu ‘Point of You’.

Metode pengenalan diri ini menggunakan media kartu bergambar dan tulisan. Cara melakukannya cukup dengan mengambil kartu secara acak, lalu yang bersangkutan menceritakan opininya terkait gambar dan tulisan di kartunya.

“Di sini yang bercerita bukan kartu, melainkan si pengambil kartu. Jadi mau ganti kartu apapun, benang merah yang disampaikan akan sama,” tuturnya.

Sebab, lanjut Kak Nitnit, yang disampaikan merupakan ungkapan pikiran bawah sadar yang bekerja secara spontan. “Jadi yang bercerita bukan kartu, tapi orangnya (yang ambil kartu). Kartu hanya membantu,” urainya. dit

#kartikanita #ngobrolsantaiberfaedah #oktastika #psikolog

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)