Fakta! 1 dari 3 Anak Indonesia Berisiko Kekurangan Zat Besi, Dampaknya Bikin Anak Kurang Konsentrasi dan Sulit Bersosialisasi

274 views

iniSURABAYA.com – Ada fakta miris yang perlu kewaspadaan orangtua terkait tumbuh kembang anak. Dari hasil riset kesehatan dasar, menunjukkan fakta bahwa satu dari tiga anak Indonesia berisiko kekurangan zat besi.

Kondisi ini berpotensi menghambat pertumbuhan kognitif, motorik, sensorik, maupun sosial anak. Dan jika tidak ditangani dengan tepat dampaknya bisa jadi permanen.

“Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anak kurang konsentrasi dan fokus, serta sulit bersosialisasi,” tegas Dr dr Luciana B Sutanto MS SpGK pada acara jumpa pers virtual ‘Dukung Anak Generasi Maju Tumbuh Maksimal, Sarihusada Luncurkan SGM Eksplor Pro-Gress Maxx dengan IronC’, Kamis (18/2/2021).

Tetapi, menurut dokter spesialis gizi klinis ini, kecenderungan ini dapat dicegah dengan memberi asupan makanan kaya zat besi, seperti hati, ayam, ikan, bayam, dan susu.

“Untuk mendapatkan manfaat makanan bergizi, sajikan makanan bervariasi setiap harinya. Telur, daging, ayam, bisa diatur bergantian setiap harinya,” saran Luciana yang juga President of Indonesian Nutrition Association (INA) ini.

Luciana mengakui, orangtua sering mengalami kesulitan untuk memberi asupan sayur pada anaknya. “Kenalkan sayuran ini sejak dini. Pada tahap awal misalnya, berikan sayuran yang bercita rasa manis sehingga mudah diterima anak dan diolah dengan baik sehingga tidak susah saat dikunyah,” paparnya.

Yang tak kalah penting, lanjut Luciana, orangtua juga harus mengajarkan makan sayuran pada anak dengan contoh yang baik. “Memberikan makanan yang mengandung vitamin C juga penting untuk mendukung penyerapan zat besi,” kata Luciana.

Melihat fakta ini, PT Sarihusada Generasi Mahardika yang memiliki misi untuk memberikan akses kemajuan bagi seluruh anak Indonesia berkomitmen untuk turut mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak agar cita-cita masa depan mereka dapat tercapai.

Sarihusada melalui SGM Eksplor berinovasi dan meluncurkan formula terbaru SGM Eksplor, yaitu SGM Eksplor Pro-gress Maxx dengan IronC.

“Kami ingin membantu orang tua memenuhi kebutuhan zat besi serta nutrisi penting lainnya untuk anak dan menghindarkan mereka dari dampak jangka panjang kekurangan zat besi,” ujar Astrid Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor.

Formula SGM Eksplor Pro-gress Maxx diperkaya oleh IronC, sebuah kombinasi zat besi dan vitamin C dalam rasio molar yang telah disesuaikan untuk memberikan asupan zat besi kepada anak dan memastikan asupan tersebut dapat terserap dengan optimal.

“Selain IronC, SGM Eksplor Pro-gress Maxx juga dilengkapi nutrisi penting lainnya seperti minyak ikan, Omega 3 & 6, tinggi protein, kalsium, vitamin D, serat pangan, dan zinc, untuk mendukung tumbuh kembang optimal anak Indonesia,” tuturnya. dit

#kesehatan #sarihusada #tumbuhkembanganak #zatbesi

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)