Mendikbud Nadiem Makarim: Mau Jadi Kepala Sekolah, Syaratnya Harus Lewati Program Guru Penggerak!

243 views
Nadiem Makarim, Mendikbud

iniSURABAYA.com – Pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim bakal menerapkan aturan baru terkait pengangkatan kepala sekolah.

Menurut Nadiem, guru yang tergabung dalam Program Guru Penggerak memiliki kesempatan untuk menjadi kepala sekolah. Bahkan, nantinya program tersebut bakal menjadi syarat untuk mencapai posisi kepala sekolah.

“Kalau mau punya karier sebagai kepala sekolah, tentu harus melewati program Guru Penggerak. Karena ini bukan cuma program penguatan, tetapi juga kepemimpinan,” demikian tegas Nadiem.

Sebagaimana diketahui, Guru Penggerak merupakan program yang dirancang untuk memberikan pembekalan kompetensi kepada para guru mulai dari jenjang TK/PAUD hingga SMA, guna menyiapkan pemimpin pembelajaran masa depan.

Program Guru Penggerak ini diyakini akan menghasilkan guru yang memiliki kompetensi serta kepemimpinan yang baik.

Nadiem berharap dengan mengikuti Program Guru Penggerak, para guru dapat mengubah pola pikir untuk selalu mengutamakan siswa dalam proses pembelajaran.

Sebab, kata Nadiem, ada yang salah dalam proses pembelajaran di sistem pendidikan Indonesia saat ini. “Melalui program Guru Penggerak Kemendikbud bukannya mau mengajari menjadi guru. Semua guru yang baik tahu bahwa ada yang tidak beres dengan cara kita mengajar,” tandasnya.

Nadiem menekankan,”Prosesnya ada yang salah. Padahal insting guru itu sudah benar. Jadi tugas Kemendikbud adalah memerdekakan insting itu.”  

Untuk angkatan pertama, Program Guru Penggerak dibatasi hanya untuk 2.800 orang. Nadiem memastikan selanjutnya kuota Program Guru Penggerak akan ditambah, seiring dengan tingginya minat para guru.

Sementara Praptono, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud menyatakan program Guru Penggerak tak hanya membuka peluang lebih besar untuk menjadi kepala sekolah.

“Bahkan (bisa pula) menjadi pengawas atau instruktur pelatihan tingkat kabupaten/kota, provinsi atau nasional,’’ imbuhnya.

Pihaknya yakin bahwa program Merdeka Belajar episode kelima ini akan menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang tinggi. Sebab, kurikulim pelatihan dan pengajar praktik juga telah disiapkan dengan baik.

“Dengan pendidikan calon guru penggerak sembilan bulan dan pendampingan yang diberikan insyaAllah harapan itu tercapai dengan ridha Allah,” katanya. wid/dbs

#gurupenggerak #kepalasekolah #mendikbud #NadiemMakarim

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)