Pandemi Tidak Batasi Kreasi dan Inovasi, Mahasiswa Tata Busana Unesa Gelar Virtual Fahion Show Alcarita

1170 views
Meski di tengah pandemi, mahasiswa Prodi D3 Tata Busana tetap menghadirkan karya akhir mereka dalam pentas virtual fashion show.

iniSURABAYA.com – Mahasiswaa Prodi D3 Tata Busana Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tak berhenti berkarya dan berinovasi. Meski era pandemi belum usai, mereka tetap menggelar pentas fashion yang sudah menjadi agenda tahunan.

Hasilnya, sebanyak 33 mahasiswa yang nantinya masuk dunia fashion designer ini menghadirkan 66 koleksi busana pengantin. Agenda grand show yang dihadirkan melalui platform YouTube itu disajikan Sabtu (13/2/2021).

‘Alcarita’ yang secara harfiah diartikan sebagai cerita atau kisah diangkat sebagai tema kegiatan virtual show tersebut. Inspirasi yang diangkat adalah cerita rakyat Nusantara yang terbagi dalam lima kelompok, yaitu Alcarita of Swarnadwipa, Alcarita of Borneo, Alcarita of Celebes, Alcarita of Flobawara dan Alcarita of Pamalu.

Alcarita terdiri 33 pasang karya busana wedding yang berkonsep ‘Modest Fashion’ yaitu busana pernikahan yang sesuai dengan tren pasar saat ini. Cerita rakyat dan ragam hias tradisional diterjemahkan dalam siluet busana, stilasi ragam hias dan manipulating fabric yang berkesan modern dan glamour.

Terbagi dalam lima nuansa warna, yaitu gold untuk kelompok Alcarita of Swarnadwipa, warna putih pada kelompok Alcarita of Borneo, warna biru pada kelompok Alcarita of Celebes, warna quetzal green pada kelompok Alcarita of Flobawara dan warna coklat untuk kelompok Alcarita of Pamalu.

Menurut Oktafinna, Ketua Panitia Virtual Fashion Show Alcarita 2021, untuk mewujudkan karyanya, mahasiswa Prodi D3 Tata Busana melewati berbagai tahap.

“Dimulai dari eksplorasi ide, perancangan karya fashion, penyusunan portofolio, produksi busana hingga pagelaran virtual grandshow yang dibimbing dosen dan fashion designer berpengalaman,” tegasnya.

Finna menambahkan, fashion show ini menjadi wujud persembahan cipta karya akhir mahasiswa Prodi D3 Tata Busana Unesa. “Selama menimba ilmu, mahasiswa dipersiapkan menjadi calon fashion designer unggul, profesional, dan berdaya saing global,” tandasnya.  

Mahasiswa Prodi D3 Tata Busana Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Unesa ini menyatakan pula bahwa Virtual Grandshow Alcarita 2021 dilengkapi dengan rangkaian acara berupa Webinar Series yang mengangkat tema ‘The New Transformation of Wedding Fashion’.

Webinar ini juga diselenggarakan pada Sabtu (13/2/2021) bersama desainer profesional yakni Alben Ayub Andal, dan Aldri Indrayana. ana

#fashionshow #tatabusana #universitasnegerisurabaya #virtual

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)