Pelukis-Jurnalis Kolaborasi di Pameran ‘MIR4CULOUS TRUST’, M Anis: Ini Cara Merayakan Ulang Tahun yang Tidak Biasa

534 views
Sebanyak 15 perupa bakal menggelar karya mereka di pameran bertajuk ‘Mir4culous Trust’ yang digelar di Surabaya Hotel Suites mulai Senin (15/3/2021).

iniSURABAYA.com – Pameran lukisan bertajuk ‘MIR4CULOUS TRUST’ yang digelar di Surabaya Suites Hotel pada Senin (15/3/2021) dipastikan bakal menjadi agenda pameran yang tak biasa.

Karena kegiatan yang disuguhkan dalam rangkaian HUT ke-4 iniSurabaya.com itu tak hanya memajang karya seniman yang memang menggeluti profesi sebagai pelukis. Diantaranya juga ada karya jurnalis yang punya passion besar di bidang seni lukis.

Diantaranya ada karya M Anis, Dodo HW, Ama Dina, dan Heti Palestina Yunani. “Ini cara merayakan ulang tahun yang menarik dan tidak biasa,” tegas M Anis, Selasa (9/3/2021).

Jurnalis senior yang juga penggagas Pasar Seni Lukis Indonesia ini menyatakan, kegiatan yang menggabungkan pelukis dan wartawan ini bentuk apresiasi yang belum pernah dilakukan.

Baca Juga : http://inisurabaya.com/2021/03/wujudkan-ajaibnya-kepercayaan-15-perupa-ini-gelar-karya-di-surabaya-suites-hotel/

Menurut Anis, di masa pandemi para pelukis justru sangat produktif lantaran mereka banyak menghabiskan waktunya di rumah seperti juga sebagian besar penduduk di segala penjuru bumi ini.

Tetapi, lanjut Anis, para seniman itu tidak tahu mau diapakan karya lukis tersebut, karena belum memungkinkan untuk menggelar pameran. “Maka kesempatan ikut dalam sebuah pameran menjadi solusi untuk mengeluarkan karya yang sudah menumpuk itu dari studio mereka,” paparnya.

Anis berharap, pameran yang berlangsung hingga 3 April 2021 itu mendapat apresiasi positif dari masyarakat, khususnya penikmat seni lukis.

“Tentu dengan penerapan prokes (protokol kesehatan) secara ketat, agar kita semua tetap terjaga kesehatannya,” tandas Anis.

Komentar senada dilontarkan Dodo HW. “Pameran ini sangat positif sebagai ajang kreatif dan ekspresi sebagai jurnalis yang menyukai seni lukis,” cetus pria yang berprofesi sebagai fotografer ini.

Seperti Anis, Dodo pun mengaku sangat tersanjung bisa mengaktualisasikan diri dalam bentuk lukisan pada pameran tersebut. “Ini sekaligus menggugah kembali akan gejolak jiwa melukis saya yang terhenti sejak tahun 2009,” katanya.

Apalagi, kata Dodo, di masa pandemi seperti ini, bisa membangkitkan kembali imajinasi yang banyak bermunculan di angan-angan. “Buat para pelukis sendiri, pameran adalah kesempatan yang ditunggu-tunggu untuk mengaktualisasikan diri kepada masyarakat umum melalui karya-karyanya,” imbuhnya.

Dodo berharap, pameran ini bisa membangkitkan gairah para seniman dalam berkarya dan mengisi aktivitasnya dengan kreativitas menuju industri kreatif yang memiliki nilai tambah,” ucapnya.

Agenda pameran yang memadukan karya ‘pelukis asli’ dan para jurnalis ini mendapat sambutan penuh antusiasme dari kalangan perupa. “Pewarta juga ‘seniman’,” ujar Djoko Harijanto, pelukis asal Jakarta yang turut memajang karyanya di pameran nanti.

Djoko menambahkan, bedanya jurnalis selama ini mencoba merefleksikan gagasan dalam bentuk tulisan. “Kali ini mengekspresikan menjadi sebuah lukisan. Pasti banyak kejutan yang tentu bakal menarik,” urainya.

Sedang Nanang Widjaya, pelukis asal Yogyakarta menyatakan, kolaborasi dengan media atau wartawan adalah gagasan yang sangat bagus. “Pasti akan menambah wawasan dan pengetahuan baru bagi seorang pelukis,” begitu ucapnya.

Budi Bi, koordinator pameran ‘MIR4CULOUS TRUST’ yang juga penggagas kolaborasi pelukis dan jurnalis ini menekankan bahwa kegiatan yang digeber di hotel bintang 4 di pusat Kota Surabaya ini diyakini bakal seru.

“Kolaborasi ini juga mencerminkan kekompakan kita,” tuturnya.

Menurut Budi Bi, di saat pandemi yang membatasi banyak kegiatan ini kita harus terus bergerak, bersama seiring, semangat berkarya, agar kita tidak diam di tempat.

“Ars Longa Vita Brevis. Masa hidup itu singkat, namun karya seni kita akan abadi,” pungkasnya. ana

#inisurabaya #jurnalis #mir4culoustrust #pameranlukisan #surabayasuiteshotel

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)