Tak Cuma untuk Estetika, Manfaat Penting Lain Pembentukan Otot Tubuh adalah Hindari Penyakit Kronis Ini

201 views
Urban Athletes menggelar Urban Newton Fitness Championship
Indonesia Open Body Fitness di Atrium Lenmarc Mall Surabaya.

iniSURABAYA.com – Sukses di gelaran Urban Newton Fitness Championship Indonesia Open BodyFitness 2021 yang berhasil menarik perhatian ratusan peserta dari berbagai kota di Indonesia, Urban Atheletes ancang-ancang menyelenggarakan kompetisi tersebut secara rutin setiap tahun.

Verawaty Budiyanto, CEO Urban Athletes meyakini jika dalam kondisi normal pesertanya bakal lebih banyak. “Tadi banyak yang balik karena wajib ada tes swab antigen,” tegasnya kepada iniSurabaya.com.

Ditemui di tengah acara yang berlangsung di Atrium Lenmarc Mall Surabaya, Verawaty tak menepis bahwa kegiatan tersebut juga diharapkan bisa memancing orang agar kembali peduli pada bentuk tubuhnya.

“Orang punya badan bagus berotot itu penting. Manfaat pembangunan otot itu tidak hanya untuk pria, tetapi terlebih juga pada wanita,” tandasnya.  

Sebab, lanjut Verawaty, wanita yang cenderung hormonal ini akan mudah mengalami pengeroposan tulang. “Padahal badan harus tetap berdiri tegak. Karena itu, fungsi otot yang kuat untuk membungkus tulang sehingga kerjanya tidak berat ketika tulang mulai melemah,” paparnya.

Ditekankan Verawaty, hal yang sama sebetulnya juga terjadi pada pria. “Bedanya tulang pria lebih kuat karena tidak hormonal,” katanya.

Verawaty mengingatkan pula bahwa banyaknya lemak yang membungkus organ tubuh akan mudah menyebabkan penyakit kronis, seperti diabetes, jantung, dan  kolesterol.  

Sedang otot adalah mesin pembakar lemak yang efektif. Jadi kalau otot banyak walau seseorang diam lemaknya bisa dibakar. “Maka di sini (Urban Athletes) saya sering sarankan, daripada olahraga kardio lebih baik pembentukan otot dengan olahraga angkat beban,” ungkapnya.

Baca juga :
http://inisurabaya.com/2021/03/gelar-indonesia-open-body-fitness-urban-athletes-incar-atlet-binaraga/

Verawaty menekan bahwa olahraga kardio efek pembakaran lemaknya terjadi pada saat olahraga dilakukan. “Sedang jika building muscle, pembakaran lemaknya bisa berlangsung selama tiga hari atau 72 jam. Jadi bila fokusnya ke pembentukan otot, badan akan membakar lemak sendiri,” paparnya.  

Untuk olahraga pembentukan otot ini, lanjut Verawaty, tidak ada batasan usia minimal. Tetapi, pada kelompok usia anak-anak harus dilakukan dalam pengawasan yang benar.

“Karena kalau masih dalam masa pertumbuhan, jika pelatihnya nggak bener bisa jadi efeknya jelek. Sebaliknya jika pelatihnya benar, justru bisa antisipatif untuk perbaikan postur anak,” urainya.

Ditambahkan pula, jika building muscle ini dikenalkan sejak awal maka pembentukan tubuh anak bisa jadi bagus saat dewasa. Dan untuk pembentukan otot yang benar, seseorang harus menerapkan pola makan dan gaya hidup secara benar.

Seseorang yang melakukan pembentukan otot yang benar, ditekankan Verawaty, harus memperhatikan konsumsi air, gula, dan garam dalam makanannya. “Biasanya optimalkan gizi dari makan buah dan suplemen untuk mendapatkan massa otot yang bagus,” ujarnya. dit

#fitness #lenmarcmall #urbanathletes

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)