Ajak Tamu Hidup Sehat, Hotel Singgasana Hadirkan ‘Wisata Petik Sayuran’ Hidroponik

568 views
Mardi, pengelola Green Farm di Hotel Singgasana Surabaya mendampingi pengunjung memilih sayuran bebas pestisida.

iniSURABAYA.com – ingin wisata kebun sayur? Tak perlu jauh-jauh ke luar kota. Apalagi dalam kondisi pandemi yang belum memungkinkan bepergian jauh dengan aman dan nyaman.

Cukup meluncur ke kawasan Surabaya Selatan, warga kota ini sudah bisa menikmati suasana rerimbunan aneka sayur-mayur yang ditanam dengan cara hidroponik.  

Salah satu sudut Hotel Singgasana telah disulap menjadi kebun sayuran yang nantinya jadi konsumsi dapur hotel bintang 4 tersebut. Ada enam sayuran yang didominasi jenis sawi, seperti baby pakcoy, pakcoy (sawi daging), sawi hijau atau juga dikenal sawi manis, dan kangkung.

Umur sayuran hidroponik ini rerata sekitar 30 hari sudah bisa dipanen. ada sekitar 1.500 pot atau titik tanam di sepanjang paralon sebagai media tanamnya.

Airnya mengalir dari sumur selama 24 jam untuk menghidupi sayuran tersebut. “Tanaman organik ini disiapkan untuk memenuhi dapur Singgasana sehingga makanan yang disajikan buat tamu selalu segar dan terjamin kesehatannya,” tegas Mardi, penggagas Green Farm di Hotel Singgasana ini kepada iniSurabaya.com.

Tak hanya untuk konsumsi dapur hotel, menurut Mardi, sayuran di Green Farm itu juga bisa dinikmati oleh tamu yang ingin menyantap sayuran bebas pestisida.

(selengkapnya simak: https://www.instagram.com/tv/CNHP1O7opiK/?igshid=1th8iusqp3s4j )

“Kalau ke sini sebaiknya saat pagi atau sore. Sebab, siang hari tidak bagus untuk panen sayuran karena kondisi sayur layu, jadi tidak kelihatan segar,” tegasnya.

Mardi menekankan, jika sayur dalam keadaan segar dan dikemas dengan baik bisa tahan hingga dua minggu. Harga sayuran tersebut bervariasi mulai Rp 30.000/kg.  

Mardi menyatakan pula bahwa Green Farm ini akan dikembangkan lagi ke area di sampingnya yang masih terbuka luas. “Nantinya akan kami tanam buah-buahan, seperti cabe, tomat, paprika, dan kembang kol,” paparnya.  

Ditemui di tempat yang sama, Budhy Guntur Iriansah, GM Hotel Singgasana Surabaya menyatakan Green Farm ini bukan konsep baru. “Sebelumnya pernah ada. Tetapi kali ini lebih dikembangkan lagi yang tujuannya untuk menjamin kebersihan dan kesehatan makanan buat tamu hotel,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Guntur ini mengaku lahan yang disiapkan seluas 0,5 hektar. Selain untuk kebun sayur, lanjut Guntur, juga akan dihadirkan kolam ikan yang juga untuk konsumsi dapur Hotel Singgasana.

Senada dengan Mardi, Guntur tak menepis kemungkinan tamu di luar yang menginap di hotel bisa pula membeli hasil panenan Green Farm tersebut. “Silakan menikmati ‘supermarket’ sehat dan segar ini. tamu bisa memetik sendiri sayuran yang diinginkan,” katanya. dit

#greenfarm #greenhouse #hotelsinggasana #kebunsayur #surabaya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)