Olahan Ikan Kakap Putih di Restoran Ini Bisa Kurangi Efek Perut Kembung dan Bikin Badan Hangat

645 views
Chef Choirul menyiapkan sajian Sup Ikan untuk berbuka puasa bagi tamu Sekarwangi Restaurant Hotel Santika Jemursari Surabaya.

iniSURABAYA.com – Ingin menikmati makanan yang tidak hanya hangat tetapi juga bisa membuat badan kembali bugar saat berbuka puasa?

Juru masak Hotel Santika Jemursari Surabaya punya sajian spesial bagi tamu saat berbuka puasa. Sup Ikan yang bisa dinikmati di Sekarwangi Restaurant ini dimasak dengan cara spesial yaitu dengan bahan ikan kakap putih.

“Sebetulnya bisa ikan apa saja. Seafood juga bisa. Tetapi agar semua orang suka, termasuk mereka yang tidak terbiasa dengan aroma amis ikan, maka saya ambil ikan kakap putih sebagai bahannnya,” kata Muchammad Choirul Abidin, Chef de Partie Hotel Santika Jemursari Surabaya.

Yang juga spesial, jenis ikan Barramundi ini saat dimasak sudah dipisah antara kulit daging dan tulangnya. “Tulangnya dibuat kaldu,” papar Chef Choirul.  

Bumbu utama sup ini antara lain bawang merah dan bawang putih, irisan jahe yang ampuh mengurangi aroma amis dari ikan. Juga ditambahkan ebi sangrai sebagai penguat rasa.

Hasilnya? Suguhan menu ikan yang gurih dan bikin badan bugar. “Bagi yang tubuhnya kurang fit atau demam, akan terasa manfaatnya jika makan ikan kakap ini,” imbuhnya.

Sajian kaya protein ini, diyakini Chef Choriul sangat baik untuk menambah energi tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa. “Kandungan jahe dalam kuahnya juga dapat mengurangi efek perut kembung,” tegasnya.

Menurut Chef Choirul, makan masakan yang tidak terlalu berat ini bisa dikombinasi dengan nasi, kentang, atau jenis karbohidrat lainnya. “Kalau pun dimakan tanpa karbo pun tetap enak kok,” cetusnya.

Selain ikan barramundi, tamu punya pilihan lain yaitu Iga Gobar dan Nasi Goreng Kambing. Khusus Iga Gobar (iga goreng atau iga bakar) ini juga istimewa lantaran diolah dari iga utuh sepanjang 15 cm.

Iga sapi ini diberi bumbu kecap kemudian disiram bumbu rempah yang terdiri dari bawang plus cabe hijau, tomat hijau, cabe rawit. Dan agar bumbu meresap hingga ke bagian terdalam daging, maka proses memasaknya berkisar 3-5 jam.

“Memasaknya dengan api sedang agar kuah tidak terlalu keruh,” urai Chef Choirul.

Sedang olahan menu Nasi Goreng Kambing memakai bumbu spesial rempah-rempah Timur Tengah. Diantaranya yaitu kayu manis, kapulaga, pekak, dan cengkih, serta jinten.

“Selain daging yang dimasak bersama nasi, di atas olahan nasi goreng ini masih ditambah topping dari potongan daging kambing,” imbuh Chef Choirul.

Tiga menu ala carte ini bisa dibanderol dengan harga Rp 59.000 nett (Sup Ikan dan Nasi Goreng Kambing), dan Rp 79.000 nett untuk olahan Iga Gobar. dit

#hotelsantikajemursari #kuliner #menubukapuasa #puasaramadan #supikan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)