Akselerasi Transformasi Digital dan Adopsi Teknologi Bikin Alibaba Cloud Kian Semangat Berinovasi, Ini Hasilnya

241 views

iniSURABAYA.com – “Sebagai salah satu penyedia layanan cloud terkemuka di pasar cloud global, inovasi teknologi menjadi inti dari pengembangan jangka panjang Alibaba Cloud.”

Pernyataan tersebut dilontarkan Jeff Zhang, President of Alibaba Cloud Intelligence di forum Alibaba Cloud Summit 2021. “Memperkenalkan produk dan solusi baru serta terus meningkatkan fitur produk adalah cara kami untuk memenuhi janji kepada pelanggan dan mitra global kami,” tegasnya.

Jeff Zhang menambahkan,”Akselerasi transformasi digital dan adopsi teknologi yang muncul sebagai agenda di Asia membuat kami sangat bersemangat, dan memotivasi kami untuk terus meningkatkan inovasi dan kemampuan R&D kami agar dapat tetap berada di garis terdepan di industri.”

Produk dan pembaruan lainnya yang diluncurkan selama Alibaba Cloud Summit 2021, meliputi:

Peningkatan produk infrastruktur
Sistem operasi cloud (OS) Alibaba Cloud Linux 3 (Alinux3): ditingkatkan dari Alinux2, OS cloud Alinux3 sekarang tersedia secara global untuk pertama kalinya guna memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para pengembang dengan keamanan yang telah ditingkatkan serta stabilitas dan kinerja runtime yang lebih baik.

Dengan Alinux3, kinerja runtime untuk aplikasi end-to-end mainstream seperti Redis, Mysql dan Nginx telah ditingkatkan hingga 40 persen dibandingkan generasi sebelumnya.

Alinux3 kompatibel dengan ekosistem perangkat lunak yang dikembangkan sendiri oleh Alibaba Cloud serta RHEL/ CentOS 8. Alinux3 juga memberikan komunitas pengembang pemeliharaan perangkat lunak gratis dan dukungan teknis selama delapan tahun berturut-turut.

ECS 7: diperkenalkan sebagai bagian dari peningkatan infrastruktur Alibaba Cloud, ECS 7 yang berjalan di Alinux3 dan secara bersamaan mendukung komputasi tepercaya dengan perhitungan terenkripsi, kemampuan komputasi terdepan di dunia yang meningkatkan level keamanan dalam cloud.

Didukung oleh Arsitektur X-Dragon dan prosesor Intel® Xeon® Scalable generasi ketiga (Ice Lake), ECS 7 meningkatkan daya komputasi lebih dari 40% dibandingkan generasi sebelumnya.

Hong Kong dan Singapura akan menjadi pasar pertama di luar China yang memiliki akses ke ECS 7, tersedia mulai paruh kedua tahun 2021.

DMS: platform satu atap untuk manajemen data cloud-native
Data silos menjadi tantangan bagi banyak perusahaan dalam hal keamanan data, tata kelola, dan penambangan, karena aset data inti sering kali disimpan di berbagai basis data dan gudang.

Platform DMS mendukung manajemen data untuk lebih dari 30 sumber data yang ada di hybrid cloud. Hal ini memungkinkan karena gateway antara database yang dibangun sendiri dan cloud telah terintegrasi, sehingga dapat menghubungkan semua database dengan mulus dan memungkinkan pengaturan siklus data sepenuhnya di seluruh produksi, penyimpanan, transmisi, pemrosesan, dan komputasi.

Untuk tahap awal, pembaruan platform ini akan tersedia di Malaysia, Indonesia, dan Singapura, mulai dari akhir tahun ini.

Rilis komersial lainnya mengenai produk database Alibaba Cloud dapat ditemukan dalam pipeline, termasuk cakupan versi MySQL utama untuk PolarDB, mode elastis baru untuk AnalyticDB, MyBase, ClickHouse dan database multimodel cloud-native Lindorm. wid

#alibabacloud #alibabagroup #jeffzhang #transformasidigital

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)