Berusaha Tetap Eksis di Tengah Pandemi, OM New Pallapa Hibur Penggemarnya di Kanal YouTube Ini

248 views
OM New Pallapa merilis YouTube Channel dan album ‘Terkoplo 2021’.

iniSURABAYA.com – Setelah puluhan tahun hadir di panggung hiburan dan disaksikan langsung penggemar musik dangdut di berbagai daerah, OM New Pallapa akhirnya ‘menyapa’ pedangdut mania secara virtual.

Juana Sari, pemilik New Pallapa mengakui pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini membuatnya harus masuk ke ranah digital juga. “Saya sebelumnya ggak pernah tahu Youtube itu apa,” tuturnya saat launching kanal YouTube ‘New Pallapa Official’, Jumat (25/6/2021).

Menurut Juana, selama 23 tahun berkiprah di industri musik dangdut, aksi panggung New Pallapa bersama sejumlah artisnya memang sering muncul di layar YouTube.

“Tetapi yang posting bukan kami. Sekarang kami pastikan punya channel sendiri,” tandasnya. 

Juana juga menegaskan kegeramannya gara-gara pembajakan album VCD dan kaset yang diproduksi OM New Pallapa. “Tetapi belum sampai rekaman pementasan artis dan musisi New Pallapa dirilis, sudah banyak beredar di pasaran!” keluhnya.

Fakta tersebut, ditekankan Juana sangat merugikan dirinya karena mengganggu pemasaran kaset maupun VCD OM New Pallapa. Pembajakan juga terjadi di YouTube dengan menyuguhkan aneka karya New Pallapa tanpa seijin manajemen dan komposer.

Padahal, lanjutnya, sudah jelas tersirat dan tersurat dalam lisensi New Pallapa perihal pengusungan lagu harus seizin label.

“Karena fenomena digital di Youtube, banyak pembajakan lisensi, ribuan lagu dan karya dibajak tanpa ijin dan jadi master. Ini yang saya ingin sosialisasikan, bersama New Pallapa, sebagai legenda koplo, saya rasa bisa memberikan yang lebih baik,” imbuhnya.

Dia menambahkan pula launching kanal YouTube ‘New Pallapa Official’ itu sebagai upaya untuk tetap eksis di tengah pandemi. “Panggung hiburan kan masih belum bisa digelar. Sementara kami tetap harus bisa bertahan. Caranya ya hadir lewat Youtube,” tandasnya. 

Orkes melayu yang menyuguhkan irama-irama ‘koplo’ ini, kata Juana, ingin tetap bisa bersilaturahmi dengan penggemarnya, terutama mereka yang di luar Jawa Timur.   

“Karena ini yang pertama untuk Saudara New Pallapa (SNP-sebutan untuk penggemar New Pallapa) Indonesia,” tuturnya saat ditemui di studi Perdana Record Surabaya. 

Selain YouTube, Juana juga memindah konser virtual selama ini melalui media sosial Tik Tok. Dengan begitu, para penikmat dangdut koplo ala Jawa Timuran di berbagai belahan dunia bisa ikut menyaksikan.

Ditemui di tempat yang sama, Theo Broma Anggara, Direktur Pragita Prabawa Pustaka mengapresiasi langkah OM New Pallapa masuk ke ranah virtual dengan memanfaatkan akun YouTube.

Langkah ini diyakini Theo membuat masyarakat tetap bisa menonton konser OM New Pallapa dan langsung mengomentari di laman yang tersedia.

“Launching kanal YouTube ini baru pertama kalinya. Biasanya live show atau off air diupload tanpa ijin,” bebernya. dit

#albumterkoplo #dangdutkoplo #newpallapa #orkesmelayu

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)