Peringati Bulan Bung Karno, Mahasiswa Untag Surabaya Gelar Pameran ‘Pancasila dan Bung Karno’, Begini Pesan Armudji

330 views
Selama sepekan sosok Bung Karno akan menghiasi Plaza Proklamasi Gedung Wyata Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

iniSURABAYA.com – ‘Jangan lupakan sejarah!’ Itulah pesan Soekarno semasa hidupnya yang kemudian dikenal dengan ‘Jasmerah’.

Guna mengenang jasa pahlawan, khususnya sang Proklamator ini pula Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kebangsaan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) menggelar pameran lukisan bertajuk ‘Pancasila dan Bung Karno’.

Pameran yang yang disuguhkan di Plasa Proklamasi, Graha Wiyata lantai 1, Untag Surabaya ini berlangsung mulai Senin (21/6/2021). Sekitar 34 lukisan karya 30 pelukis dari berbagai kota di Jawa Timur dipajang hingga sepekan mendatang.

Para seniman yang gabung dalam pameran ini berasal dari Ikatan Wanita Pelukis Indonesia, Ikatan Pelukis Cat Air Surabaya dan Perupa Jawa Timur.

 “Saya mengapresiasi terhadap adik-adik UKM Kebangsaan. Ini menunjukkan Untag Surabaya mengingat betul bahwa bung Karno merupakan Bapak Bangsa Indonesia,” tegas Armudji, Wakil Wali Kota Surabaya saat meresmikan pameran tersebut.

Menurut Armudji, tidak banyak lembaga perguruan tinggi yang memperingati Bung Karno secara khusus. Apalagi panitia penyelenggara kegiatan tersebut adalah mahasiswa.

Kegiatan kali ini bukanlah yang pertama kali dilakukan Untag Surabaya dalam memperingati bulan Bung Karno dan bulan Pancasila. Rektor Untag Surabaya, Mulyanto Nugroho menuturkan bahwa terselenggaranya pameran tersebut di bulan Juni adalah sebuah kebanggaan.

“Ini merupakan kebanggaan kita semua karena bulan Juni merupakan bulan Bung Karno. Ide berdirinya Untag Surabaya sendiri juga berasal dari bung Karno, maka sudah selayaknya diapresiasi,” tuturnya.

Sementara Mulyanto Nugroho, Rektor Untag menyatakan, perguruan tinggi tersebut sudah beberapa kali menyelenggarakan acara dalam kaitan penghormatan kepada Pendiri Bangsa itu.

Para seniman yang gabung dalam pameran ‘Pancasila & Bung Karno’.

Dia menekankan, peringatan dalam rangkaian Bulan Bung Karno ini juga sebagai wujud rasa bangga lantaran Bung Karno adalah penggagas berdirinya Untag.

Bulan Juni memang identik dengan sosok yang terlahir dengan nama Koesno Sosrodihardjo ini. Bung Karno lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901 dan meninggal di usia 69 pada tanggal 21 Juni 1970.

Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni juga tak lepas dari peran Bung Karno. dit

#bungkarno #jasmerah #pameranlukisan #presidensukarno #universitas17agustus1945

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)