Punya Masalah dengan Lambung ? Yoga Solusinya ! Lakukan Gerakan Seperti Ini

325 views

iniSURABAYA.com – Belakangan yoga menjadi olahraga yang cukup diminati masyarakat karena dapat dilakukan kapan pun serta memiliki banyak manfaat.

Salah satunya adalah membantu memulihkan penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (Gerd).

Bertepatan dengan peringatan International Yoga Day setiap tanggal 21 Juni, Novotel Samator Surabaya Timur turut merayakan melalui acara bertajuk ‘Summer Sparks Yoga’ di area Plaza Outdoor Lobby Floor, Sabtu (26/6/2021).

Bersama dengan dr Fanny Imannudin MBiomed dan Coach Adela, ‘Summer Sparks Yoga’ menghadirkan health talk mengenai kesadaran Gerd dan sunset yoga yang diikuti oleh 30 peserta luring dan daring.

Gerd merupakan penyakit pada sistem pencernaan yang terjadi karena asam lambung naik kembali ke esofagus (kerongkongan). Untuk mengatasi Gerd, dr Fanny menekankan pentingnya memperhatikan kesehatan organ pencernaan sebagai akar permasalahan Gerd melalui relaksasi dan menerapkan gaya hidup yang baik.

“Secara medis, gerakan yoga sangat membantu stimulasi perbaikan kondisi organ pernapasan, dan jalur meridian dan memperkuat sistem pencernaan sehingga semua organ berfungsi dengan baik,’’ tuturnya.

Fanny menyatakan bahwa relaksasi yoga juga meningkatkan sirkulasi darah di daerah tersebut. Jadi oksigen dan penyerapan nutrisi yang lebih baik. ‘’Tentu harus diimbangi dengan konsumsi minuman probiotik, mengurangi produk diary dan gluten serta kurangi stress,” ujarnya.

Sejalan dengan statement tersebut, yoga yang dipimpin oleh Coach Adela memfokuskan pada gerakan relaksasi yang ramah bagi para penderita Gerd.

Coach Adela menyatakan bahwa yoga memang tidak bisa menyembuhkan secara instan melainkan perlu latihan yang konsisten agar tubuh terus terstimulasi. “Kita mulai dari gerakan Yin untuk lambung dengan teknik Chikung yang mengalirkan dan menguatkan energi,’’ begitu ucapnya sambil mengarahkan gerakan peserta yoga.

Kemudian dilanjutkan gerakan Yang dengan lebih dinamis dan energetik untuk kesehatan limpa. ‘’Kita fokus memanjangkan sisi tubuh bagian depan untuk relaksasi dan membersihkan dua jalur ini,” tuturnya.

Yoga diadakan di ruang terbuka agar sirkulasi udara segar lebih optimal serta menjaga jarak matras sejauh 1.5 meter dari masing-masing peserta. “Di masa pandemi seperti ini olahraga sangat penting untuk menjaga imun tubuh,’’ kata David Charles Kalalo, General Manager Novotel Samator Surabaya Timur.

Dia menambahkan, ‘Summer Sparks Yoga’ adalah wujud concern hotel bintang 4 tersebut sebagai industri perhotelan untuk mendukung masyarakat yang lebih sehat dan bahagia. ana

#gastroesophagealrefluxdisease #gerd #novotelsamator #yoga

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)