‘Sate Cruise Party Amsterdam’ : Bawa Wisata Kuliner Indonesia Menyisir Keindahan Sungai di Belanda

431 views
Wahyu Heri Sasmito

iniSURABAYA.com – Siapa yang tak kenal Sate? Makanan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari daging yang dipotong kecil, ditusukkan ke sebatang  kayu atau bambu kecil, untuk kemudian dibakar di atas arang.

Belakangan modifikasi ragam kuliner sate terus berkembang menjadi tak melulu dibuat dari daging, namun mulai muncul kenikmatan sate dari bahan lain, seperti  sate telur puyuh, sate kerang, dan sate tempe.

Bahkan ada juga yang menjadikannya makanan penutup ketika makan bersama dalam bentuk sate nanas, sate pisang dan bentukan sate hidangan penutup lainnya.

Kenikmatan menyantap sate bukan hanya diminati masyarakat di Indonesia  ataupun Asia, namun juga di berbagai belahan dunia. Tak ayal mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama pun menjadikan sate salah satu kenangan indahnya saat berada di Indonesia beberapa waktu lalu.

Di Belanda yang berada di Benua Eropa, sate juga sangat melekat kehadirannya karena ikatan historis yang kuat antara Indonesia dan Belanda.

Bahkan hampir di seluruh supermarket Belanda menjual bahan membuat makanan tradisional Indonesia tersebut. Mulai dari bumbunya hingga bahan dan alat pelengkap pembuatan sate lainnya. Semua dikemas secara rapi  dengan beragam  merk, rasa, dan harga yang beragam sesuai selera.

Popularitas sate di Indonesia dan Belanda ternyata menjadi inspirasi sebuah aktivitas pesiar pesiar menarik dan unik bersama kuliner sate sambil menikmati hangatnya musim panas di Belanda.

Ajang yang sempat tertunda karena pandemi Covid19 ini bakal siap digelar di Belanda pada 4 September 2021 dengan mengajak undangan menikmati perjalanan kecil di atas kapal mengelilingi sungai besar ‘Het Ij’.

Wisata kuliner Indonesia bertajuk ‘Sate Cruise Party Amsterdam’ ini terbuka umum dan dapat dinikmati seluruh pecinta kuliner Indonesia yang berada di Belanda.

“Kami ingin lebih memperkenalkan cita rasa kuliner Indonesia ke masyarakat Eropa melalui keanekaragaman sate dan makanan Indonesia lainnya dengan konsep wisata kuliner yang berbeda,” ungkap Wahyu Heri Sasmito dari Mitos Events I Media yang menjadi inisiator ‘Sate Cruise Party Amsterdam’.

Wahyu menambahkan, dengan menikmati kuliner Indonesia di atas kapal menyusuri sungai yang bersih di Belanda, dan menikmati hangatnya musim panas di Belanda, wisata kuliner ‘Sate Cruise Party Amsterdam’ ini diharapkan menjadi obat pelipur rindu terhadap kuliner nikmat Indonesia setelah sekian lama tertahan di rumah karena pandemi.

Selain menyajikan hidangan nikmat, aktivitas wisata sungai Belanda dengan kuliner  Indonesia tersebut rencananya juga menjadi ajang unjuk gigi seniman Indonesia yang tinggal di Belanda. 

“Rencananya sambil menyisir sungai dan menikmati kuliner sate. Tamu yang hadir akan mendapatkan sajian hiburan musik dan tarian dari seniman-seniman yang kami undang,” tutur ayah dua anak yang tumbuh besar di Jakarta ini.  

Ijinkan Gelar Acara
Pria yang belakang juga sering bermusik bersama musisi legenda Indonesia yang tinggal di Belanda, Hengky Supit, menandaskan bahwa turunnya angka penyebaran Covid-19 di Belanda dengan adanya vaksin dan protokol kesehatan (prokes) yang ketat  membuat pemerintah Belanda mulai memperbolehkan penyelenggaraan even mulai 30 Juni 2021.  

Untuk kenyamanan, penyelenggaran even ‘Sate Cruise Party Amsterdam’ tetap mengikuti standar prokes dari pemerintah Belanda. Setiap peserta wisata kuliner Indonesia yang hadir di ‘Sate Cruise Party Amsterdam’ wajib melakukan PCR 40 jam sebelum mengikuti acara ini, atau telah melakukan vaksin enam bulan sebelumnya.

Setelah syarat dipenuhi, peserta juga didata melalui QR Code yang ada pada aplikasi. “Intinya kami ingin mengajak masyarakat di Belanda, komunitas Indonesia di Belanda, serta turis Eropa untuk menikmati wisata kuliner Indonesia khususnya sate, secara spesial, nyaman dan aman,” imbuhnya.  

Wahyu berharap even internasional ini dapat mendukung promosi wisata dan kuliner Indonesia di dunia internasional. “Menyusuri sungai bersih Belanda sambil menikmati kuliner sate dan musik dari atas kapal ‘Moby King’ tentu mengasyikkan,” paparnya. wid

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)