VW Safari Bodi Kayu Jati Dipajang di Lenmarc Mall, Ini Pantangannya Saat Berada di Jalan Raya

358 views

iniSURABAYA.com – Bagi penggemar mobil antik, ada koleksi yang patut disimak di area lantai dasar Lenmarc Mall Surabaya. Sederet mobil kuno terpajang tepat di depan pintu masuk pusat perbelanjaan di kawasan Surabaya Barat tersebut.

Salah satu yang paling menarik dan berbeda dari lainnya adalah mobil jenis Volkswagen (VW). Kendaraan produk Jerman tahun 1970an itu bodinya tidak terbuat dari logam seperti jenis mobil umumnya.

Bahan yang menutup kerangka VW Safari ini seluruhnya terbuat dari kayu jati. Untuk menambahkan ketahanan, baik dari sinar matahari maupun goresan, bahan kayu jati itu diperkuat dengan vernis.

Tak hanya bodi. Seluruh bagian mobil –seperti kursi, kerangka spion, sampai velg—terbuat dari bahan kayu jati yang memang dikenal sebagai kayu berkualitas paling bagus karena tahan berbagai cuaca dan tidak mudah keropos.

Yang juga terlihat klasik, kap bagian mobil ini menggunakan gembok yang juga tergolong antik. Bahan dari kayu jati ini pula yang membuat VW Safari tersebut diklaim ‘aman’ jika melintas di kawasan banjir.

“Perlu waktu enam bulan untuk proses pengerjaan bodi VW Safari ini,” ungkap Kukuk F Soeharno, Marcomm Manager Lenmarc Mall Surabaya kepada iniSurabaya.com.

Menurut Kukuk, VW Safari ini masih bisa berjalan normal. Bahkan semua surat-suratnya pun lengkap. “Pemeliharaan tidak sulit. Cukup disimpan di suhu ruangan biasa,” paparnya.

Namun, lanjut Kukuk, ketika berada di jalanan, mobil ini disarankan maksimal lima jam berada di terik matahari langsung.

“Kalau terlalu lama, dikhawatirkan kayunya memuai sehingga berpengaruh pada sambungan lekukannya. Karena semua bahannya kan terbuat dari kayu yang bisa memuai,” tutur Kukuk. 

VW Safari dari bahan kayu jati ini berada diantara mobil antik lain, seperti FIAT 1100 tahun 1962 dan Toyota Hardtop. Selain itu, ada pula VW Combi modifikasi sehingga panjangnya jadi tujuh meter turut mewarnai pameran mobil antik tersebut. Gelar pameran mobil antik yang disajikan Garasi Old Timer ini bakal berlangsung hingga akhir bulan Juni 2021. dit

#kayujati #lenmarcmall #mobilantik #mobilkuno #vwsafari

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)