‘How’ : Segala Tanya Tak Berjawab dari Manaditara

172 views

iniSURABAYA.com – Sebelum berkarier sendiri, nama Manaditara sudah berkeliaran di sana-sini. Kerap disebut di kredit berbagai project musik –dari co-founder label, fotografer, videografer, visual designer, sampai content strategist.

Filter Instagram buatannya juga melanglang buana lintas negara. Paling jauh ke Korea Selatan, dipakai oleh salah satu agensi ternama di sana.

Sosok pemilik nama lengkap Aditia Pramana Putra ini lebih baik dikenal sebagai visualizer dan content maker.

Lalu di tahun 2020, co-founder dari Halona Records (Jakarta) dan Soundjana Creative (Kediri) ini memantapkan diri menjadi soloist. Single pertamanya, ‘Farewell’ direspons sangat baik oleh sekitarnya.

Respons positif itu pula yang membuatnya melangkah ke sekuelnya yang diberi judul ‘How’. Trek ini dilepas pada tanggal 9 Juli 2021 dan sudah tersedia di berbagai gerai digital. Video Musiknya juga bisa disaksikan di YouTube.

Video musik ‘How’ digarap oleh Luapotalapo, sebuah production house asal Kediri. Malversasi berperan sebagai sutradara sekaligus director of photography, dibantu oleh Alfryz & Naufal Hilmi.

Sedangkan departemen editing dipegang sendiri oleh Manaditara sebelum diselesaikan dengan apik oleh Malversasi. “Banyak orang yang mengaku relate dengan ‘Farewell’. Ada yang curhat, berterima kasih, bahkan sampai nangis dengerin (Farewell),” ungkap pria asli Kediri ini.

Jika ‘Farewell’ adalah perpisahan, ‘How’ ini lebih kepada pertanyaan-pertanyaan yang belum tuntas tentang perpisahan tersebut. “Setiap perpisahan pasti menyisakan berbagai tanda tanya. Apa aku gak pernah cukup untuk dia? Apa aku masih belum kasih semuanya? Dan lain sebagainya,” tuturnya.

Dia menambahkan,“Dan di satu titik, ada pertanyaan, ‘Apa sih yang ada di kepalamu?’ Gimana rasanya dicintai sedalam itu oleh seseorang, lalu malah meninggalkannya sendirian?”  

Lagu ini di-produce dan di-mixing oleh Riko Saputra, kolega Manaditara di band Friend Over You. Lalu ada Amalia Mahardini, pianis asal Madiun yang mengisi part pianonya. Produk akhir lagu ini mendapat sentuhan mastering dari Yai Item. Adik Audy dan Stevie Item ini memang partner terpercaya Manaditara sejak awal ia bersolo karier. wid

#contentmaker #farewell #how #manaditara

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)