Kolaborasi Unsur Musik Tradisional Banyuwangi-Bali-Cina di ‘Elissa-Rahiya’

249 views

iniSURABAYA.com – Setelah merilis single tiga single pendahulu yaitu ‘Evelyn’ (2019), serta ‘Evita’ dan ‘Evania’ di tahun 2020, Duo produser Rifo Octavian aka Rifofo dan Gandhi Prasetya aka Gandhi Shiro berupaya tetap produktif.

Dan di masa pandemi yang belum berakhir ini, kedua produser yang bersaudara tersebut menghasilkan karya kolaborasi dan sekaligus jadi single keempat mereka, yaitu ‘Elissa-Rahiya’.

Ciri judul lagu yang mengisyaratkan nama seorang wanita tetap mereka pertahankan. Sementara eksplorasi musik berhubungan dengan tema single, juga dari sisi kolaborator yaitu penyanyi dan para pendukung lainnya.

Uniknya, secara progresif single yang mengedepankan unsur musik tradisional Banyuwangi ini dipadukan dengan Bali dan Cina.  

Tidak hanya itu. ‘Elissa-Rahiya’ semakin terdengar unik dengan dipadukannya unsur musik modern –downtempo— ditambah lirik yang memadukan bahasa Indonesia, Jawa, dan Osing –bahasa daerah Banyuwangi yang ditulis oleh Gandhi dan dinyanyikan oleh Nadya Jessica.

Lewat single ‘Elissa-Rahiya’ ini, Nadya yang asli kelahiran Desa Purwoharjo, Banyuwangi, didukung para pengisi suara Unit Kegiatan Tari dan Karawitan Universitas Airlangga Surabaya membawa pendengar mengalami nuansa jawa timuran.

Nadya Jessica

Nuansa ini sesuai visualisasi musik videonya yang disutradarai Julian Romadhona dan Sugeng Ribowo yang digarap di pesisir Pantai Grajagan Banyuwangi.

Keseluruhan karya, dari lagu sampai music video pun beralasan kuat, ‘Elissa-Rahiya’ bercerita tentang keyakinan bahwa tidak ada yang lebih indah selain rencana Sang Maha Pencipta.

Keyakinan tersebut terbangun setelah awalnya mengalami kehilangan yang kemudian berkecamuk menjadi kerinduan. “Manusia mungkin tidak dapat cepat mengerti saat kehilangan –sebagai bagian dari rencana-Nya terjadi, sampai tumbuhnya kesadaran yang menggantikan kehilangan dengan keikhlasan,” ungkap Gandhi.

Kehilangan yang identik dengan kesendirian diwujudkan lewat Nadya yang menyanyikan sendiri dalam single ‘Elissa-Rahiya’. Ini berbeda dengan ‘Evita’ maupun ‘Evania’ yang melibatkan lebih dari satu penyanyi.

Juga didukung visualisasi lewat alam Pantai Grajagan dalam musik video yang menunjukkan ujung laut yang tak terkira bak misteri seperti rencana Sang Maha Pencipta bagi kehidupan kita.

Single ‘Elissa-Rahiya’ ini secara khusus memiliki pesan, sebagai penghormatan bagi seseorang yang telah berpulang kepada-Nya agar tetap ‘hidup’ dalam benak orang-orang yang merindunya. wid

#gandhiprasetya #nadyajessica #rifofo #rifooctavian

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)