Live di IG @ini.surabaya: Para Penyintas Covid-19 Kampanye Donor Plasma Konvalesen

527 views

iniSURABAYA.com – Donor plasma konvalesen belakangan marak seiring dengan masih maraknya kasus Covid-19. Para penyintas Covid-19 diharapkan dukungannya untuk membantu mereka yang masih berusaha lepas dari virus yang kini makin banyak variannya ini.

Hamida Soetadji, penyintas Covid-19 yang juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial ini mengakui kebutuhan plasma konvalesen masih tinggi meski permintaan dari Kota Surabaya mulai menurun.

“Permintaan di luar kota Surabaya masih tetap tinggi,” begitu tegas sosok yang akrab disapa Mimid ini.

Maka, lanjut Mimid, pendonor plasma konvalesen Kota Surabaya tetap diharapkan kesediaan donor untuk menyokong permintaan daerah lainnya. Karena PMI dari luar Kota Surabaya tidak memiliki mesin plasma.

“Kalau pun ada, itu pun hanya satu mesin. Jadi untuk memenuhi permintaan plasma konvalesen tentunya sangat lamban,” paparnya.

Karena itu pula, kata Mimid, saat ini UTD PMI Kota Surabaya banyak mendapat permintaan dari daerah-daerah seperti Ponorogo, Banyuwangi, Jember, Madiun, dan Trenggalek.

Guna menjembatani kebutuhan plasma konvalesen ini pula Blood For Life Surabaya membuka layanan Hotline. Relawan BFL Surabaya ini bakal membantu memudahkan pendonor mengatur jadwal ke PMI.  

Relawan BFL Surabaya juga melakukan edukasi terhadap pendonor plasma konvalesen, terutama pendonor pemula. “Yang dilakukan relawan lebih pada treatment yang harus dilakukan pendonor plasma konvalesen supaya tidak ditolak saat skrining,” tutur Mimid.

Dalam kaitan itu pula, agenda live Instagram Sapa Sahabat sengaja mengundang para relawan ini dalam obrolan spesial, Sabtu (14/8/2021). Paparan dari para narasumber yang dilakukan langsung dari Surabaya Suites Hotel ini diharapkan bisa menjawab para penyintas yang masih ragu untuk melakukan donor plasma konvalesen.

Bincang-bincang yang tayang langsung di IG @ini.surabaya serta kanal YouTube @inisurabayaTV mulai pukul 15.00 ini menampilkan:

Hamida Soetadji, pendonor plasma konvalesen
Joe Trianto, relawan BFL Surabaya
Felicia Christie, admin BFL Surabaya
Dibya Hody, desainer/penyintas Covid-19

ana

#donorplasmakonvalesen #penyintascovid-19 #sapasahabat #surabayasuiteshotel

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)