PPKM Dilanjutkan Hingga 9 Agustus, Ada 13 Kabupaten/Kota Masuk Level 3 dan 2, Kota Surabaya di Level Mana?

242 views
ILUSTRASI – Penyekatan di kawasan exit tol Sidoarjo.

iniSURABAYA.com – Pemerintah memutuskan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang hingga 9 Agustus mendatang.   

Dalam pelaksanaannya kali ini, Luhut Binsar Pandjaitan, Menko bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), menyatakan sejumlah kabupaten/kota menerapkan PPKM pada level lebih rendah.

Menurut Luhut, setidaknya ada 12 kabupaten/kota yang masuk ke level 3 dan satu kabupaten masuk ke level 2. Tetapi, ada pula kabupaten/kota yang bahkan masuk ke level 4.

“Bukan karena peningkatan kasus (positif Covid-19). Tetapi lebih kepada peningkatan kasus kematian,” ungkap Luhut dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Kemenko Marves, Senin (2/8/2021).

Kendati begitu, Luhut belum bisa menerangkan kabupaten/kota mana saja yang bakal menerapkan PPKM dengan level yang berbeda dari sebelumnya.

Detil kabupaten/kota mana saja yang masuk dalam PPKM level 3 dan 4 nantinya dikeluarkan instruksi Mendagri dalam waktu dekat ini.

Luhut menekankan, masih ada beberapa daerah yang memang butuh perhatian khusus karena masih tingginya kasus terkonfirmasi positif, positivity rate, dan juga jumlah kematian warganya.

“Seperti Bali, Malang Raya, Daerah Istimewa Yogyakarta, juga Solo Raya. Tetapi ini semua daerah sudah kami tangani, dan minggu ini mustinya kami lihat angkanya membaik,” katanya.

Berdasar perkembangan positif tersebut, Luhut sangat yakin kondisi akan membaik dalam waktu 1-2 pekan mendatang.

“Namun indeks mobilitas memang sedikit mengalami kenaikan dan sudah kami prediksi akibat pelonggaran dilakukan waktu lalu,” cetusnya. wid

#menteriluhut #PPKMdarurat #PPKMLevel4 #PresidenJokowi

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)