Via-Lokanima Kolaborasi Beri Wadah Animator Lokal Agar Tak Hanya Jadi Tukang Gambar

249 views
Kerjasama Via-Lokanima dilakukan secara digital antara Ahmad Zulfikar Said, CEO VIA dan David Santoso, Direktur Utama PT Lokanima Kreatif Nusantara, pada Jumat (13/8/2021).

iniSURABAYA.com – PT Digi Bintang Sinergi, unit bisnis baru di bawah bendera Viva Group bekerjasama dengan Lokanima –anak perusahaan BUPP KEK Singhasari Malang dalam pengembangan industri Film, Animation Factory & Digital Technology.

Kolaborasi ini sebagai upaya memberi wadah bagi insan kreatif Indonesia untuk bertumbuh dalam ekosistem bisnis yang mendukung proses pengembangan industri animasi dan film karya anak negeri.

Kerjasama itu diresmikan lewat penandatanganan nota kesepahaman kedua belah pihak yang dilakukan Ahmad Zulfikar Said, CEO VIA dan David Santoso, Direktur Utama PT Lokanima Kreatif Nusantara, pada Jumat (13/8/2021).

“Hari ini kami mengukuhkan komitmen untuk bersama-sama mengembangkan industri konten kreatif di Indonesia,” tegas Ahmad Zulfikar Said dalam acara ‘Dialog Produktif Semangat Animasi Lokal’ yang digelar secara virtual usai penandatanganan kerjasama tersebut.

Menurut Said, VIA-Lokanima ingin menjadikan hyperlocal content creators sebagai pemain utama dalam pengembangan konten kreatif di Indonesia. “Kolaborasi dua perusahaan ini memiliki kompetensi kuat dalam pengembangan Intellectual Property (IP Development) terkait bisnis konten di Indonesia berbasis digital technology,” tandasnya.  

Emil E Dardak, Wakil Gubernur Jatim (tengah) turut hadir dalam dialog ‘Dialog Produktif Semangat Animasi Lokal’ yang digelar secara virtual usai penandatanganan kerjasama Via-Lokanima.

Said menekankan, kerjasama tersebut akan menjadikan VIA-Lokanima sebagai rumah bagi hyperlocal content creators serta mendukung penuh kemajuan industri konten lokal.

Kerjasama ini juga mendorong kolaborasi pengembangan bisnis yang lebih besar antara KEK Singhasari dan Viva Group dalam membangun Film dan Animation Factory dengan nilai kolaborasi bisnis setara dengan IDR 1 triliun.

Sebagai salah satu wujud nyata cita-cita tersebut, dalam rangka 76 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, VIA-Lokanima melahirkan sebuah National Pride Campaign, suatu gerakan kebanggaan nasional, ‘Semarak Animasi Lokal’.

Kampanye ini bertujuan mengangkat produk animasi anak bangsa menjadi ‘local hero’ di negeri sendiri dan membuat sebuah katalog konten animasi anak bangsa yang diakui dunia.

Kampanye ini wujud keprihatinan VIA-Lokanima terhadap perkembangan industri kreatif di Indonesia, terutama di bidang animasi yang sudah puluhan tahun benchmark industri animasi di Indonesia selalu berkaca pada hasil karya animator luar/studio international.

Said meyakini pekerja industri kreatif di bidang animasi di Indonesia, yang sebenarnya secara kualitas dan kapabilitas tidak kalah dengan animator luar, harus mendapatkan kesempatan mengembangkan potensinya hingga mampu bersaing.

“Kesan hanya menjadi ‘tukang gambar’ untuk produk animasi yang selama ini terlanjur terbentuk harus berubah,” cetus Said.  

Para pendukung film animasi ‘Kuku Rock You’.

Dia menambahkan, para animator ini harus diberi kesempatan, ditunjang ekosistem bisnis yang mendukung, sehingga mereka mampu melahirkan karya animasi terbaik yang berkarakter lokal, mendidik, berbudi pekerti, namun juga mampu menembus pasar internasional.

Hadirnya wadah bagi para animator tersebut sejalan dengan program pemerintah yang ingin mendorong industri kreatif di Indonesia, salah satunya film dan animasi.

Sebagai salah satu sektor yang mampu bertahan di tengah situasi Covid-19 dan penurunan ekonomi saat ini, maka sektor film dan animasi diyakini juga menjadi salah satu motor yang mampu memberikan kontribusi untuk pertumbuhan ekonomi nasional secara signifikan kedepannya.

Selain Ahmad Zulfikar Said dan David Santoso, dialog virtual melalui aplikasi Zoom yang juga diikuti insan media itu juga dihadiri Arief Yahya, Direktur Utama PT Intermedia Capital Tbk (MDIA), Emil E Dardak (Wakil Gubernur Jatim), dan Bayu Skak (Conten Creator, Produser Lokanima).

Ada pula para artis yang mendukung sebagai dubber (pengisi suara) dalam film animasi ‘Kuku Rock You’, antara lain Indra Bekti, Candil, Ronald Surapradja, Kintani, dan Dwi Anggia. wid

#animator #filmanimasi #lokanima #VIA

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)