Libatkan 3.000 Pencari Kerja dan 60 Perusahaan, Plan Indonesia Gelar ‘Bridges to the Future Online Job Fair & Workshop’

252 views

iniSURABAYA.com – Kaum muda, khususnya perempuan dan penyandang disabilitas memerlukan dukungan yang berkelanjutan untuk mengembangkan karier mereka.    

Hal ini menjadi semakin penting, terutama karena efek kemunduran ekonomi yang timbul akibat pandemi Covid-19. Dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak untuk memastikan terwujudnya akses pekerjaan yang setara dan layak bagi kaum muda.

Salah satu cara mewujudkan akses tersebut adalah dengan menyelenggarakan job fair dan workshop daring yang melibatkan berbagai pihak.

Pada 27-28 September 2021, Plan Indonesia menyelenggarakan ‘Bridges to the Future Online Job Fair & Workshop’ untuk menciptakan akses lapangan kerja bagi kaum muda. 

Acara ini meliputi kegiatan webinar dan kesempatan job matching yang melibatkan 3.000 pencari kerja dan 60 perusahaan.

Acara daring ini merupakan bagian dari ‘Bridges to the Future’ oleh Plan Indonesia, bekerja sama dengan ASEAN Foundation dan dengan dukungan dana hibah sebesar 1 juta dolar AS oleh Google.org, lengan filantropi Google.

Sejak November 2020, Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) mendorong kaum muda untuk berdaya secara ekonomi melalui program ‘Bridges to the Future: ASEAN Youth Employment’.

Program ini dirancang untuk memberdayakan sebanyak 5.200 kaum muda usia 18-29 tahun di Jakarta dan sekitarnya, dengan 55 persen peserta di antaranya adalah perempuan dan satu persen di antaranya adalah penyandang disabilitas.

Program ini terutama ditujukan untuk melatih kembali pekerja, demi meningkatkan kompetensi teknis dan soft skill mereka.

Dini Widiastuti, Direktur Eksekutif Yayasan Plan International Indonesia, menekankan bahwa acara ini akan membantu peluang anak muda untuk memasuki industri di masa pandemik COVID-19.

Setelah membekali kaum muda dengan berbagai jenis pelatihan, Plan Indonesia berupaya mendorong kaum muda menuju sektor ketenagakerjaan yang berkembang melalui ‘Bridges to the Future’ Job Fair Daring & Workshop’.

“Plan Indonesia berharap semakin banyak anak muda yang mendapatkan akses pekerjaan layak, setara, dan berdaya di tengah pandemik Covid-19,” kata Dini.

Dalam kegiatan ini, para pencari kerja muda bisa terhubung dengan calon perusahaan pemberi kerja melalui Kormo Jobs, aplikasi penyalur kerja milik Google.

Aplikasi ini dapat membantu kaum muda mencari pekerjaan dan terhubung dengan penyalur kerja di tengah pandemic Covid-19.

“Saat ini, perusahaan semakin banyak memberikan lowongan kerja secara daring, baik melalui kegiatan job fair atau wawancara kerja jarak jauh,” tegasnya.

Sementara Wikan Sakarinto, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek RI, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut.  

Wikan meyakini, acara ini bisa menjadi solusi untuk membantu SDM Indonesia usia kerja agar dapat memberikan akses pekerjaan ke dunia professional.

Selain itu juga dapat membantu mereka dengan kemampuan teknis dan soft skill yang relevan sehingga mereka lebih siap memasuki dunia kerja agar semakin link and match dengan kebutuhan kekinian yang terus berubah.  

“Tentunya dengan semangat merdeka belajar,” kata Wikan. wid

#jobfair #pencarikerja #planindonesia #workshop

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)