Puluhan Penyiar Radio & TV Surabaya Pendukung ‘Ngamen Online’ Ungkap Susahnya Nyanyikan Lagu Iwan Fals

379 views
Para penyiar radio dan TV yang gabung dalam proyek amal ‘Ngamen Online’ curhat pengalaman mereka di forum Zoom.

iniSURABAYA.com – Setelah melalui proses panjang selama sebulan lewat tahapan mencari sosok-sosok yang bakal mengisi lagu, pengumpulan materi, dan editing, video untuk musik berjudul ‘Satu’ karya Iwan Fals akhirnya siap disajikan pada masyarakat.

“Alhamdulillah hasilnya bagus,” kata Azza Irene, koordinator ‘Ngamen Online’ kepada iniSurabaya.com, Jumat (3/9/2021).

Tetapi diakui, tahapan merekam visual sekaligus suara untuk kemudian digabungkan menjadi satu rangkaian video klip bukan hal gampang. “Awalnya sih kami anggap gampang. Ah, lagunya Iwan Fals, gak susahlah nyanyikannya,” celetuk Didi Adhyaksa, Station Director Prima Radio Surabaya dalam bincang santai di forum Zoom, Kamis (2/9/2021).

Ternyata tak cuma Didi. Komentar senada dilontarkan para penyiar yang turut mendukung aksi amal lewat ‘Ngamen Online’ tersebut.  

Setelah mencoba beberapa kali latihan dan berusaha merekam suara sekaligus aksi mereka saat menyanyikan lagu ‘Satu’ tersebut, 24 penyiar radio dan TV itu kompak mengumpat,”Edan! Gak gampang ternyata nyanyikan lagu Iwan Fals ini!”

Dihubungi terpisah, Ellen Pratiwi mengaku apa pun hasilnya, mereka sudah berusaha maksimal untuk proyek sosial tersebut. “Intinya, melalui lagu tersebut kami ingin menyemangati siapa pun yang terdampak pandemi yang belum juga berakhir,” tuturnya.

Penyiar di sebuah radio swasta Surabaya ini menambahkan, aksi menghibur yang dilakukan melalui lagu itu bukan yang pertama. Setahun silam, di awal pandemi Covid-19 menyerang seluruh penjuru bumi, para penyiar ini juga mencoba menghibur lewat lagu ‘Lilin-Lilin Kecil’.  

“Tetapi yang gabung waktu itu tidak sebanyak sekarang. Waktu itu lagunya juga kami khususkan buat menyemangati para tenaga medis yang ketika itu banyak berjatuhan akibat virus corona,” paparnya.  

Kini, dengan niat yang sama, sebanyak 26 penyiar menyumbangkan suara mereka untuk kemudian disajikan dalam bentuk video yang totalnya berdurasi 6,27 menit.  

“Kebersamaan ini diharapkan bisa menghibur sekaligus menyemangati. Terutama bagi mereka yang sedang dirundung kesulitan akibat kehilangan pekerjaan, kehilangan orang-orang yang dicintai, bahkan mulai kehilangan harapan,” kata Olpie Puspitasari.  

Yang gabung di proyek ‘Ngamen Online’ ini ada penyiar radio, penyiar TV, dan news anchor dari era 90-an sampai generasi millenial. “Ada yang sudah beralih profesi, ada yang saat ini masih aktif siaran di radio maupun TV,” imbuh Don Aryadien yang bertugas mengedit video sehingga jadi enak ditonton.   

Don menegaskan, lagu ‘Satu’ dari album Iwan Fals dipilih untuk dibawakan dalam ‘Ngamen Online’ karena liriknya sarat makna dan motivasi sehingga sangat cocok dengan situasi dan kondisi saat ini.

“Semua satu suara, ingin menyampaikan pesan bahwa kalian tidak sendiri. Bersama kita lalui badai ini. Yakin semua akan berlalu. Untuk itu kita harus tenang dan kuat seperti karang,” cetus Yzzaq.

Para penyiar lain yang mendukung ‘Ngamen Online’ adalah Meity Piris, Glenn Rozanno, Nynda, Brian, Anne Febriangga, Aries Widojoko, Winda, Mirza Wardana, Dr Festine Rohrich, Rio Oliver, Onny Pratama, Koko Yo, Anna Maria, Pinky Darya, Agnes Santoso, Virgianty Kusumah, Nadya, Harry Soelistyo, Denny Jo, dan Ine Tahira. ana

#iwanfals #ngamenonline #penyiar

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)