Bahaya! Indonesia di Urutan Pertama Negara yang Penduduknya Malas Jalan Kaki, Begini Akibatnya

372 views
Webinar ‘Pencegahan Stroke dan Peningkatan Derajat Aktivitas Fisik Civitas Academica Unesa’ pada Kamis (21/10/2021) diawali dengan gerakan-gerakan sederhana agar tubuh sehat.

iniSURABAYA.com – Indonesia masuk peringkat pertama sebagai negara yang penduduknya malas berjalan kaki di dunia. Indonesia juga dikenal sebagai negara yang masyarakatnya rendah dalam melakukan aktivitas fisik.

Fakta ini diungkap Kunjung Ashadi  SPd MFis AIFO, Sekretaris PKIK Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dalam webinar ‘Pencegahan Stroke dan Peningkatan Derajat Aktivitas Fisik Civitas Academica Unesa’ pada Kamis (21/10/2021).

Ashadi lalu memapar data, Indonesia masuk dalam ranking 108 dari 195 negara yang perkiraan usia hidupnya sekitar 73 tahun. Masih di bawah rata-rata perkiraan usia hidup masyarakat dunia.

Bagaimana dengan Jawa Timur? Rata-rata usia hidup di Jawa Timur paling rendah di pulau Jawa. “Peringkat satu yaitu Yogyakarta dan Jatim di peringkat 10,” urainya.

Dalam webinar yang digelar di lantai 11 Rektorat Unesa Kampus Lidah Wetan itu, Ashadi menyatakan bahwa kondisi tersebut berpotensi munculnya berbagai penyakit kritis, salah satunya stroke.

Karena itu, harus segera diatasi dan diubah sedikit demi sedikit lewat kebiasaan aktivitas fisik dan berolahraga.

Berikut tips sederhana yang bisa dilakukan:

Kiat Praktis Aktivitas Fisik
Untuk memacu aktivitas fisik, tip sederhana dan mudah yang bisa dilakukan yaitu;

  1. Setiap melakukan aktivitas bekerja atau belajar selama 25-30 menit, selingi dengan beristrahat selama lima menit untuk beraktivitas fisik. Bangun dari tempat duduk dan jalan-jalan sebentar. Lalu kembali lagi ke laptop setelah lima menit. Hindari duduk di depan komputer berjam-jam tanpa waktu istrahat, risiko hipertensinya tinggi.
  2. Parkirlah kendaraan lebih jauh satu meter dari biasanya. Lakukan itu secara konsisten. Kemudian bertahap ditambah satu meter lagi dan semakin ditambah. Dengan begitu ada kesempatan untuk melangkah.
  3. Biasakan menggunakan tangga jika tidak ada keperluan urgen. Misalnya, jika mau ke lantai enam. Gunakan tangga dulu dari lantai satu ke lantai tiga. Baru kemudian dikasih hadiah pake lift. Semakin ke depan ditambah lagi.
  4. Stretching atau senam ringan di setiap aktivitas pekerjaan. Contoh, saat menunggu windows di komputer siap, bisa meregangkan tangan dan sebagainya.
  5. Bersepeda selain jadi hobi dan gaya hidup, juga penting dicoba untuk meningkatkan aktivitas gerak fisik. Bersepeda dengan teman dan keluarga akan lebih sehat dan bahagia lagi.

Tip Agar Terpaksa Berolahraga
Sementara untuk strategi atau tip agar terpaksa rutin berolahraga yaitu;
1) Mencari alasan yang kuat untuk berolahraga. Jika badan melar, yang diganti bukan ukuran bajunya, tetapi pola hidup dan pola makan.
2) Mengatur jam alarm pengingat waktu olahraga.
3) Letakkan pakaian olahraga di depan pintu kamar.
4) Mengajak keluarga, teman dan sahabat untuk berolahraga bersama.

“Itu mudah sekali dilakukan, gratis, praktis. Sehat itu mahal, tetapi sakit jauh lebih mahal,” tegasnya. Dia menambahkan, kebiasaan seperti itu harus diterapkan secara rutin dan konsisten agar badan sehat dan bugar.

Aktivitas Fisik, Rahasia Sehat dan Panjang Umur
Rahasia suku Hunza di Karakoram, kaki Gunung Himalaya yang mendapat gelar dari WHO sebagai penduduk berumur terpanjang di dunia adalah karena aktivitas fisiknya tinggi dan pola hidup serta konsumsi bahan-bahan yang masih alami. Begitupun dengan Jepang dan Spanyol, selalu kuncinya aktivitas fisik yang cukup. “Salah satu faktor agar kita bisa sehat dan panjang umur adalah aktivitas fisik yang sehat dan cukup,” bebernya.

Kegiatan tersebut atas kerja sama PKIK Unesa, National Hospital Surabaya, Kortex, Indonesia Brain Spine Community, dan Granostic.

Ada empat narasumber yang hadir, yaitu dr Gigih Pramono SpBS dari Kortex Brain Spine, Dr Lilih Dwi Priyanto MMT, Ketua Brain Spine Community, Dr Moch Purnomo MKes, Kepala PKIK, dan Kunjung Ashadi SPd MFis AIFO, Sekretaris PKIK.

Acara diakhiri dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Unesa dengan PT Kortex Global Sejahtera. ana

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)