Ban Mobil Listrik Kurangi Emisi Karbon Akibat Gesekan Roda? Begini Faktanya

224 views

iniSURABAYA.com – Tren mobil listrik di Indonesia bergerak positif meski belum melesat. Terlihat dari penjualan mobil hybrid dan mobil listrik berbasis baterai yang mencapai 1.874 unit pada semester I-2021, naik sembilan kali lipat dibanding tahun 2020.

Tetapi, harga pasar mobil listrik di Indonesia kini masih kisaran Rp 400-900 juta. Harga yang relatif mahal tersebut dipengaruhi oleh baterainya, karena, tiap jenis mobil listrik memiliki material baterai khusus dan tempat penyimpanan tersendiri.

Semakin tinggi kapasitas baterainya semakin mahal harganya. Ditambah lagi dengan sensor dan software canggih yang mengatur voltase, pengisian daya, energi yang dikeluarkan dan juga temperatur tiap baterai. 

Yang tak kalah penting, mobil listrik juga perlu didukung kualitas ban yang sepadan, antara lain memiliki daya angkut yang lebih besar dibanding ban konvensional guna menahan beban mobil listrik yang lebih berat.

Ban mobil listrik yang baik dapat mengurangi hambatan gulir dan mengurangi emisi karbon yang dikeluarkan dari gesekan roda.

Gencarnya investasi pemerintah pada mobil listrik dibuktikan dengan diresmikannya pembangunan pabrik baterai mobil listrik pertama di Karawang, Jawa Barat pada bulan September lalu.

Peresmian ini menjadi bentuk komitmen pemerintah Indonesia dalam mengembangkan ekosistem industri baterai dan kendaraan listrik. Hal ini pun disambut baik oleh Hankook Tire.

Yoonsoo Shin, Presiden Direktur PT Hankook Tire Sales Indonesia mengakui, sebagai produsen ban yang siap menunjang perkembangan kendaraan masa depan, Hankook sudah menyiapkan portofolio produk untuk mobil listrik yaitu ban Kinergy AS EV dan Ventus S1 Evo 3 EV versi all-electric vehicles.

Ban tersebut saat ini sudah dipasarkan di negara-negara yang menunjukkan perkembangan pasar mobil listrik  seperti di Eropa, Amerika Serikat, dan Asia Pacific.  

Ban Kinergy AS EV kini tersedia dalam ukuran 16 hingga 19 inci yang mengusung teknologi sound absorber yang mampu mengurangi kebisingan maksimal hingga 9.2db, desain pola tapak untuk performa mengemudi dalam segala kondisi cuaca, dan menggunakan komponen terbarunya serta penguatan silikon yang dicampur secara optimal demi menambah durabilitas ban.

Sementara ban Ventus S1 Evo 3 EV yang kini tersedia dalam ukuran 18-21 inci mengusung teknologi anti bocor Hankook SEALGUARD, bead-packing dan kekakuan lateral agar gerakan ban tetap terkendali meski dalam kecepatan tinggi, dan memiliki komponen tapak ban dengan cengkraman tinggi dalam kondisi jalanan basah ataupun kering. wid 

#hankook #mobillistrik

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)