Buktikan Industri Sepatu Lokal Masih Eksis di Tengah Pandemi, BPIPI-Pakuwon Mall Gelar Hypebeast Nation

221 views
BPIPI kolaborasi bareng Pakuwon Mall Surabaya menggelar Hypebeast Nation 2021 yang memajang sepatu karya anak bangsa selama 10 hari di Fashion Atrium.

iniSURABAYA.com – Pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung ternyata tak selalu membawa dampak negatif. Kegiatan masyarakat yang masih lebih banyak dilakukan di rumah membawa perubahan pada perilaku konsumen.  

Di sisi lain, dari sisi pelaku industri, dituntut untuk melakukan transformasi digital dan berbagai inovasi lain agar tetap bisa bertahan.

Edi Suhendra, Kepala Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) menekankan bahwa industri alas kaki, bahkan di level industri kecil menengah (IKM) termasuk sector dengan mobilitas tinggi (high mobility), dan kontak fisik yang juga tinggi (high touch).

Tetapi, lanjutnya, saat pandemi Covid-19, IKM alas kaki harus mengurangi mobilitas manufakturnya agar risiko pandemi bisa dikendalikan, dan produksi tetap berjalan.

“IKM alas kaki dituntut mengembangkan fitur alternatif bagi konsumen untuk melakukan interaksi melalui platform digital yang tersedia,” tegasnya saat ditemui di acara pembukaan Hypebeast Nation 2021 di Pakuwon Mall Surabaya, Jumat (1/10/2021).

Menurut Edi, lahirnya optimism saat pandemic Covid-19 dan munculnya semangat lokalisme di komunitas merek-merek lokal memberikan harapan baru yaitu bangkitnya industri alas kaki nasional.

Optimisme dan semangat itula yang coba dihadirkan BPIPI dalam rangkaian gerakan #IndonesiaMelangkah sebagai wujud komitmen kecintaan dan kebersamaan dalam mendukung karya anak bangsa di panggung Hypebeast Nation 2021.

BPIPI berkolaborasi dengan Pakuwon Mall Surabaya menggelar pameran dengan tema Hypebeast Nation yang menampilan produk-produk kebanggaan Indonesia.

Pameran ini merupakan kolaborasi kedua yang menampilkan pelaku-pelaku kreatif industri alas kaki. Dengan semangat #IndonesiaMelangkah, Hypebeast Nation 2021 diharapkan jadi salah satu wadah pembuktian eksistensi merek-merek lokal alas kaki saat pandemi sekaligus menampilan ide yang inspiratif.

Pameran ini juga didukung beberapa mitra penting BPIPI, salah satunya adalah tenant program Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) alas kaki tahun 2021 yaitu,  @stewardmargrave, @panna.footwear, @artalouwee dan @dfflfootwear dan beberapa merk lokal lainnya.

Hypebeast Nation 2021 yang digelar selama 10 hari akan diisi berbagai acara yang inspiratif antara lain workshop, kolaborasi, talkshow, street fashion performance hingga makerstalk.

Dengan jumlah industri alas kaki lebih dari 18.657 unit usaha, termasuk industri kecil, menengah dan besar, serta serapan tenaga kerja 247.843 jiwa, maka peluang menaikkan nilai tambah industri melalui program informasi pasar, promosi dan pemasaran diharapkan dapat meningkatkan kemampuan produksi berorientasi ekspor sekaligus menaikkan konsumsi dalam negeri

“Ke depan peluang pasar domestik masih terbuka luas,” tandas Edi. ana

#BPIPI #hypebeastnation2021 #pakuwonmall

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)