Gandeng UMKM, Pemkot-DPRD Surabaya Alokasikan Anggaran Rp 21,154 M untuk Seragam bagi Pelajar SD-SMP

178 views
Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya memastikan menggandeng UMKM untuk pengadaan seragam bagi pelajar SD dan SMP.

iniSURABAYA.com – Pemkot Surabaya memastikan menggandeng UMKM untuk membuat seragam bagi pelajar SD dan SMP dari keluarga Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Kerjasama ini sekaligus memastikan bahwa pelajar dari MBR akan mendapat seragam gratis. UMKM akan diserahi tanggung jawab untuk menyelesaikan pengerjaan 46.000 seragam pelajar SD dan SMP khusus dari keluarga MBR.

Menurut Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya, kepastian ini diperoleh setelah Pemkot Surabaya bersama DPRD menyepakati pos anggaran pengadaan seragam senilai Rp 21,154 miliar melalui Perubahan APBD (P-APBD).

“Saya tidak ingin ada peserta didik dari MBR yang masih dibebani biaya seragam sekolah. Karena seragam pelajar yang MBR itu kami tanggung,” tegasnya.

Eri menekankan, program tersebut bukan hanya berdampak pada siswa, tetapi juga pelaku UMKM. Sebab, pembuatan ribuan seragam, tas, dan sepatu para pelajar itu akan melibatkan UMKM Kota Surabaya, sehingga, pergerakan ekonomi bisa tumbuh.

“Kerjasama ini sekaligus sebagai upaya untuk menggerakkan UMKM Surabaya,” tandasnya.

Untuk mewujudkan kerjasama tersebut, Dinas Pendidikan Kota Surabaya akan berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan. Sedang mengenai penyaluran dana, nantinya dana yang sudah disiapkan Pemkot Surabaya langsung masuk ke masing-masing sekolah.

Selanjutnya, pihak sekolah yang membelanjakan seragam dari UMKM tersebut. “Karenanya, saat ini pihak sekolah lagi mendata ukuran seragam siswa MBR,” ungkap Supomo, Kepala Dinas Pendidikan Surabaya.

Dia menambahkan, yang diperoleh siswa dari keluarga MBR dipastikan lengkap mulai dari baju, sepatu, dan perlengkapan seragam lain, termasuk dasi dan topi.

Supomo menyatakan pihaknya juga berkoordinasi dengan jajaran samping, mulai dari kepolisian dan kejaksaan. Ini untuk memberikan pendampingan dalam penyaluran dana hingga penyaluran seragam sekolah itu.

“Ini penting supaya program ini berjalan lancar,” ujarnya. ana

#masyarakatberpenghasilanrendah #seragamsekolah #umkm

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)