Ingat! 2 dari 5 Penduduk Indonesia Berisiko Osteoporosis, Tanpa Pencegahan Massif Angkanya Bisa Meningkat

281 views

iniSURABAYA.com – Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, Kalbe Nutritionals melalui Entrasol, mendukung program yang digagas Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi), yaitu pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis.

Pencanangan gerakan ini diselenggarakan secara daring dan luring dengan protokol kesehatan dan dipusatkan dari Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu (23/10/2021).

Ditemui di pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis, Boy Sinaga, Business Unit Coordinator General Adult Nutrition Kalbe Nutritionals mengakui terdapat kesamaan visi misi antara Entrasol dan Perwatusi yaitu mengedukasi pencegahan osteoporosis di masyarakat.

“Untuk itulah, di Hari Osteoporosis Nasional 2021, Entrasol menyatakan dukungan dalam Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis. Inisiatif mulia ini digagas Perwatusi dan direalisasikan dengan sejumlah rangkaian acara bersama melawan osteoporosis.

Entrasol sudah melakukan berbagai kegiatan seperti senam virtual dan juga talkshow kesehatan sepanjang bulan Oktober ini. “Kami percaya asupan nutrisi yang baik dan olahraga tepat menjadi beberapa faktor kunci pencegahan osteoporosis,” tutur Boy Sinaga.  

Osteoporosis adalah penyakit yang menyebabkan tulang menjadi keropos dan lemah, mudah mengalami patah tulang yang menyebabkan rasa sakit yang melemahkan, mobilitas berkurang dan menurunnya kualitas hidup.

Di Indonesia, setidaknya 2 dari 5 penduduk Indonesia berisiko osteoporosis. Tanpa pencegahan secara massif, diduga pada tahun 2050, pria dan wanita yang berusia lebih dari 50 tahun dan paling berisiko terkena osteoporosis akan menjadi 1/3 dari total penduduk Indonesia.  

“Di tahun 2021 ini, Perwatusi memilih tema Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis yang sangat strategis dalam menunjang cita-cita bangsa yaitu menuju Indonesia sehat, bertulang kuat dan produktif,” kata Boy.

Sebagai produk nutrisi untuk kesehatan tulang, Boy Sinaga mengatakan Entrasol terus mendukung kesehatan tulang masyarakat Indonesia. “Entrasol diformulasikan khusus untuk orang dewasa dengan Pro-Fit Formula yaitu nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah  zaitun yang mampu menangkal radikal bebas empat kali lebih kuat dari Vitamin C, dan mencegah inflamasi yang memicu risiko terjadinya osteoporosis. Entrasol Gold juga dilengkapi vitamin D, omega 3 dan 6, tinggi serat, serta lebih rendah gula,” ungkapnya.

Selain itu, untuk mendukung masyarakat dalam melakukan olahraga teratur, Entrasol juga memperkenalkan kampanye gerakan 30 Minutes Everyday sebagai upaya mengajak masyarakat aktif bergerak selama 30 menit setiap harinya.  

Boy Sinaga mengingatkan, tidak ada yang bisa mengelak bertambahnya usia. Dengan bertambahnya usia, gejala ‘Faktor U’ (usia) bisa semakin terasa seperti badan pegal, cepat lelah, tulang dan sendi mulai kaku, berkurangnya kepadatan tulang atau osteoporosis, serta terjadinya sarkopenia.

“Maka dari itu, ayo kita dukung lndonesia Lawan Osteoporosis bersama Entrasol, Nutrisi Setiap Hari,” tegas Boy Sinaga.

Di hadapan ribuan peserta dari seluruh penjuru Tanah Air, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin meresmikan meresmikan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis secara virtual dengan disaksikan sejumlah tokoh, seperti Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono Harbuwono SpPD-KEMD PhD, dan Dr H Sandiaga Salahuddin Uno, BBA MBA, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif turut pula menyatakan dukungan terhadap gerakan nasional ini. wid

#gerakannasionalmelawanosteoporosis #hariosteoporosisnasional #kalbenutritions

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)