Reuni Sambil Unjuk Karya, Alumni SMSR Gelar Pameran ‘Artlur’ di Galeri Prabangkara

407 views
Alumni SMSR Negeri Surabaya gelar pameran bertajuk ‘ArtLur’ di Galeri Prabangkara hingga 10 Oktober 2021.

iniSURABAYA.com – Ada kabar gembira bagi para seniman. Setelah sempat ‘kehilangan panggung’ akibat merebaknya Covid-19, kini perupa Kota Surabaya bisa kembali memajang karyanya.

Gelar pameran di tengah pandemi itu dilakukan para alumnus SMK Negeri 12 Surabaya di Galeri Prabangkara Taman Budaya Jatim, Minggu (10/10/2021).

Sedikitnya 80 karya dari 33 seniman lulusan SMSR (Sekolah Menengah Seni Rupa) Surabaya dipajang dalam pameran bertajuk ‘Visual Art + Custom Culture (Artlur) tersebut.

Tak hanya karya lukis. Di pameran yang berlangsung hingga 17 Oktober 2021 ini juga disajikan karya instalasi dari para alumni. “Pameran ini jadi tempat nostalgia, bertemu kawan lama dan guru. Tentu sangat menggembirakan bisa mengumpulkan mereka sambil mengenang masa-masa ketika masih sekolah dulu,” ujar Budi Bi, Ketua Pameran ‘Artlur’. 

Seniman berambut panjang ini mengaku, ide awalnya memang mengumpulkan kembali kawan lama beserta para guru SMSR (sekarang beralih nama jadi SMK Negeri 12 Surabaya, red) sambil unjuk karya di sebuah gelaran pameran seni rupa.

“Pameran ini merupakan kegiatan yang tertunda. Karena rencananya diadakan pada bulan Juli lalu. Tetapi karena ada PPKM Darurat maka baru bisa terlaksana sekarang, setelah kondisi mulai membaik,” ungkapnya.

Alumnus SMSR tahun 1997 ini mengaku sangat gembira, karena niatan berkumpul sambil unjuk karya itu disambut penuh antusiasme teman-temannya.

“Yang lebih menggembirakan adalah melihat mereka yang sudah lama menggantungkan kuas, dengan semangat bereksperimen membuat karya baru, khusus untuk dipamerkan di sini,” paparnya.

Budi Bi yang dalam gelaran pameran itu menyajikan dua karya berjudul ‘Tembang Sinta’ dan ‘Reapperance of Flowing Feeling’ berharap, ‘projek percobaan’ ini bisa berlanjut dalam bentuk gelaran rutin setiap tahun.

“Kami ingin reuni setiap tahun sambil bikin pameran bersama seperti ini,” imbuhnya.  

Di sisi lain, pameran perdana setelah banyaknya pembatasan kegiatan terkait PPKM, bisa memicu semangat para seniman untuk kembali berkarya. “Pameran ini saya harap bisa menjadi stimulus bagi seniman lainnya untuk bangkit berkarya kembali,” pesannya.

Ditemui di tempat yang sama, Drs Biwara Sakti Pracihara MPd, Kepala SMKN 12 Surabaya mengapresiasi gagasan pameran bersama para alumni tersebut.

“Pameran ini bisa jadi inspirasi dan penyemangat adik kelas mereka yang sekarang masih belajar untuk menghasilkan karya yang bisa dipamerkan ke publik,” tandasnya. ana

#ARTLUR #galeriprabangkara #pameranlukisan #pameransenirupa #SMKN12surabaya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)