Digelar Selama Sebulan, 115 + 11 Program Siap Ramaikan BJIX di Seluruh Kota/Kabupaten Jawa Timur

235 views
Benny Widyo, Direktur Artistik BJIX, bersama Dwiki Nugroho Mukti, Direktur Utama BJIX dan Syska La Veggie, Direktur Program BJIX memapar agenda Biennale Jatim IX yang digelar mulai 19 November 2021.

iniSURABAYA.com – Gebyar Biennale Jatim IX (BJIX) dipastikan bakal digelar selama sebulan penuh di Main-Event, yaitu pada 19 November–19 Desember 2021.

Pihak penyelenggara menyatakan, BJIX menampilkan total 115 + 11 program dari seluruh kota/kabupaten se-Jawa Timur.

Menurut Benny Widyo, Direktur Artistik BJIX, 115 program yang akan ditampilkan nanti adalah hasil opencall (panggilan terbuka) yang ditetapkan dari 148 program yang mendaftar.

“Program tersebut merupakan hasil negosiasi dan diskusi dari seluruh pendaftar program bersama Dewan Syuro Kurator dan Tim Direktur BJIX,” tegas Benny kepada iniSurabaya.com, Selasa (2/11/2021).

Benny menambahkan, ragam kegiatan yang akan berlangsung pada Main-Event BJIX sangat variatif diantaranya multiplatform, pameran, performance, workshop, site-spesific project, riset, dan mural.

Sebanyak 11 program lainnya merupakan program yang digelar langsung oleh tim BJIX. Diantaranya acara pembukaan, sembilan simposium, Diskusi Publik BJIX X IFI, dan penutupan.

Sementara Dwiki Nugroho Mukti, Direktur Utama BJIX menyatakan, prosesi pembukaan BJIX berlangsung pada 19 November di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi.

Sedangkan sembilan simposium ada di Banyuwangi, Jember, Pamekasan, Tuban, Tulungagung, Kota Batu, Kota Kediri, Kota Surabaya, dan Kota Madiun.

Selanjutnya program Diskusi Publik BJIX X IFI tentang ‘Arsip, Riset Artistik dan Kemungkinan-kemungkinannya’, berlangsung pada 4 Desember di Auditorium IFI Surabaya.

Agenda penutupan BJIX akan digelar pada 19 Desember di Kabupaten Magetan.

Ditemui di tempat yang sama, Syska La Veggie, Direktur Program BJIX memaparkan bahwa Biennale Jatim merupakan pergelaran rutin dua tahunan yang menjadi barometer aktivitas dengan tingkat kreativitas seniman, serta apresiasi publik terhadap seni dan budaya di Jawa Timur.

BJIX 2021 digelar tim khusus dari sekumpulan seniman dan pekerja seni muda secara sukarelawan, dan mendapatkan dukungan dari Goethe Institut Jerman.

BJIX kali ini mengusung tema ‘Padhang Rembugan – Menimbang Solidaritas, Merayakan Kolektivitas’.

Memaknai bahwa BJIX sebagai sebuah platform tempat perupa dan seniman Jawa Timur saling berkumpul bertukar informasi dan bermusyawarah, dengan melakukan kerja-kerja inklusif yang memungkinkan semua seniman yang mempunyai inisiasi untuk dapat terlibat dalam pagelaran akbar ini.

Dengan demikian, Biennale telah didesentralisasi sehingga penyelenggaraannya tidak hanya terpusat di satu kota namun menyebar ke berbagai wilayah di Jawa Timur.

Informasi lengkap mengenai seluruh program BJIX dapat diakses website resmi jatimbiennale.org. ana

#biennalejawatimur #seniman

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)