Memasak dengan Bahan Kecombrang Memang Gampang-Gampang Susah, Begini Tip Agar Tanaman Khas Indonesia Ini Tidak Menimbulkan Aroma Langu

482 views
Para juri yang terdiri dari Budhy Guntur Iriansah (GM Hotel Singgasana), Manda Roosa (jurnalis SS FM Radio), dan Chef Bambang Nurianto (Ketua Umum Perkumpulan Chef Profesional Indonesia) saat mencicipi masakan salah satu peserta.

iniSURABAYA.com – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, iniSurabaya.com dan Dapoer Kecombrang menggelar lomba masak bertajuk ‘Kecombrang Cooking Challenge’.

Acara yang digelar di Dapoer Kecombrang, Rabu (10/11/2021) itu diikuti 20 peserta yang masing-masing terdiri dari general manager/hotel manager dan chef itu tak biasa karena member tantangan peserta memasak dengan bahan utama kecombrang.  

Soal bahan kecombrang yang dijadikan bahan utama, Emanuel Sucipto Widarta, owner Dapoer Kecombrang mengatakan, Indonesia kaya akan rempah, seperti kecombrang yang memiliki ciri khas rasa asam dan sepat.

“Selama ini orang hanya mengolahnya sebagai sambal. Tetapi sebenarnya bisa dijadikan olahan menu lezat lainnya,”kata pria yang juga mengelola perkebunan kecombrang di Kota Batu ini.

Sementara Bambang Nurianto, salah satu juri mengakui kecombrang memiliki karakteristik unik, salah satunya aroma khasnya sangat kuat. “Jika tidak diolah dengan benar bisa merusak rasa. Tetapi sebaliknya dengan pengolahan yang tepat bisa membuat rasanya tambah lezat,” tegas Ketua Umum Perkumpulan Chef Profesional Indonesia ini.

Masakan GM-chef Aston Hotel Sidoarjo ini jadi pemenang ‘Kecombrang Cooking Challenge’.

Chef Bambang mengaku bahwa kecombrang merupakan salah satu tanaman yang tidak mudah diolah. Jika salah meraciknya, kecombrang akan menimbulkan aroma langu.  

“Mengolah kecombrang ini agak tricky jadi memang harus pakai cara khusus. Kalau salah bisa-bisa malah langu nanti,” papar Chef Bam, sapaan pria yang sempat jadi juru masak di sejumlah restoran dan tempat hiburan malam ini.

Untuk mengolah agar tidak langu, kata Chef Bam, kecombrang harus direbus terlebih dulu.

“Tujuannya agar air dalam kecombrang bisa keluar dan langunya hilang. Kalau untuk oseng dan kering, bisa diiris-iris dan diperas sampai airnya keluar juga,” imbuh Chef Bam.

Kegiatan ‘Kecombrang Cooking Challenge – Explore Your Cooking Passion’ ini didukung Perkumpulan Chef Profesional Indonesia dan Hotel Singgasana. Selain itu, juga MNC Trijaya FM, Inbox Indonesia, Jamu Iboe, Lenmarc Mall, Luminor Kota Jakarta, Surabaya Suites Hotel, serta KAJI Indonesia. ana

#dapoerkecombrang #haripahlawan #inisurabaya #kecombrang #kecombrangcookingchallenge

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)