Ribuan Guru Rayakan Asesmen Nasional di Temu Pendidik Nusantara, Ternyata Ini Tujuannya

440 views
Kegiatan di Kelas Kemerdekaan menjelang Temu Pendidik Nusantara VIII.

iniSURABAYA.com – Yayasan Guru Belajar kembali menggelar acara tahunan Temu Pendidik Nusantara (TPN) secara virtual pada tanggal 20 – 21 November 2021.

Rangkaian kegiatan TPN VIII mulai diadakan sejak akhir Oktober secara luring di 33 daerah. Konferensi yang mengusung tema ‘Merayakan Asesmen: Mendesain Ekosistem Merdeka Belajar’ itu diikuti 10.000 guru peserta dan #1000pembicara dari 155 daerah di Indonesia dan 13 negara.

Menurut Bukik Setiawan, Ketua Yayasan Guru Belajar, tema asesmen tersebut mengikuti keputusan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam menghapus Ujian Nasional dan mengeluarkan program baru yaitu Asesmen Nasional (AN) di bulan Maret 2021.

Asesmen Nasional diharapkan menjadi langkah awal terwujudnya pendidikan yang berorientasi pada anak, pendidikan merdeka belajar.

“Momen perubahan ini dapat digunakan pemangku kepentingan untuk mendesain, mengembangkan, dan mewujudkan ekosistem yang membantu semua dan setiap anak mengalami pengalaman merdeka belajar, di kelas, di rumah dan di komunitasnya,” ungkap Bukik.

Bukik menekankan, mewujudkan merdeka belajar tidak hanya membutuhkan peran pendidik, melainkan juga keseluruhan ekosistem yang merdeka belajar. Karena itu, TPN VIII hadir merangkul tidak hanya ribuan guru namun juga orang tua, kepala sekolah/madrasah, pengawas, dinas pendidikan, dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya.

“Baru kali ini saya mengikuti pembelajaran guru. Jadi bukan murid tetapi guru yang belajar. Ini suatu momen untuk saya meningkatkan kualitas diri dan juga cara pembelajaran untuk anak didik saya di kemudian hari,” ungkap Afid Nugroho, salah satu guru peserta TPN VIII dari SMK Muhammadiyah Pencongan, Kabupaten Pekalongan.

Salah satu materi TPN VIII yang paling dinantikan Afid adalah kelas membuat asesmen yang tidak hanya satu arah. “Layaknya dokter yang memberi resep obat pada pasiennya, sebagai guru kita juga perlu diberikan keterampilan memberi ‘resep’ cara belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan murid,” imbuhnya.

Pengurus Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Pusat berpose bersama Pengurus KGBN Kota dan Kab. Semarang di TPN VIII Semarang.

Program ini juga mendapat dukungan banyak organisasi pemerhati pendidikan lainnya seperti Komunitas Guru Belajar Nusantara, Jaringan Sekolah Madrasah Belajar, Lingkar Daerah Belajar, Persatuan Guru Nahdlatul Ulama, Komunitas Pengawas Belajar, Federasi Guru Independen Indonesia, Sekolah Guru Indonesia, Asosiasi Pengawas Kepala Sekolah, Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia, dan Ikatan Guru Indonesia (IGI).

“Kita perlu sadar bahwa guru ditakdirkan untuk merumuskan masa depan pendidikan. Menyambut masa depan, perlu adanya kebaruan dalam berpikir, bergerak, dan menggerakkan untuk perubahan,” cetus Danang Hidayatullah, Ketua Umum IGI.

Diakui Danang, hal tersebut membutuhkan semangat kebersamaan, saling percaya, dan saling mendukung. “Tiga semangat inilah yang kami lihat ada di kegiatan TPN, yaitu membangun kolaborasi dan sinergi dengan semua pihak. Sejalan dengan motto IGI yaitu Sharing and Growing Together,” bebernya.

Peserta TPN VIII akan mendapatkan sertifikat dan bebas memilih enam dari 350 pilihan kelas yang tersedia sesuai tantangan pendidikan masa kini. Beberapa diantaranya seperti Komik Digital Sebagai Media Pameran Karya Siswa di Era Teknologi, Asesmen Bermakna Berbasis Kinerja, dan Menangani ‘Learning Loss dengan Project Based Blended Learning’ Berbasis Video.

Untuk mengikuti TPN, ppeserta dikenai biaya sebesar Rp 100.000. Namun, Yayasan Guru Belajar juga menyediakan lebih dari 6.000 beasiswa bagi guru penggerak merdeka belajar dari lebih 150 daerah untuk mengikuti TPN VIII.

Penyaluran beasiswa tersebut bekerja sama dengan organisasi profesi dan jaringan sekolah/madrasah. Temu Pendidik Nusantara ke-VIII masih membuka pendaftaran melalui tpn.gurubelajar.org atau bisa mengunjungi akun Instagram @gurubelajarorg. ana

#merdekabelajar #temupendidiknusantara #yayasangurubelajar

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)