Cakap Siap Cetak 2.500 Pengajar Daring Melalui Program Cakap Teacher Academy

335 views
ILUSTRASI : Cakap Teacher Academy

iniSURABAYA.com – Cakap, salah satu platform Edtech terbesar di Indonesia, mengawali tahun dengan berhasil mencetak dan memberdayakan pengajar daring melalui program Cakap Teacher Academy.

Inisiatif Cakap Teacher Akademi ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas guru dan pengajar melalui pembangunan kompetensi dan keahlian dalam metode pengajaran daring.

“Kedepannya Cakap menargetkan untuk memberdayakan 2.500 pengajar daring yang siap kerja di 2022,” ungkap Tomy Yunus, CEO dan Co-Founder Cakap.

Tomy menambahkan,”Melalui program bersertifikasi dari Cakap Teacher Academy, kami harap program ini bermanfaat bagi para pengajar untuk memberikan pengajaran online yang lebih berkualitas serta efektif kepada anak didiknya.”

Cakap merupakan perusahaan edutek satu-satunya yang membawa program bersertifikasi BNSP melalui Cakap Teacher Academy. Program ini juga menjadi program pertama yang memiliki dua kombinasi kompetensi yang menggabungkan teknik mengajar komunikatif secara daring dan pemanfaatan teknologi untuk membuat pengajar melek pada dunia digital.

Cakap sebelumnya sudah memberdayakan lebih dari 1.000 guru lokal serta global siap untuk memperkuat deretan guru di Indonesia.

“Transformasi pendidikan menjadi salah satu misi utama pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Untuk itu, kami mendukung inisiatif Cakap yang turut memberdayakan guru agar memiliki kompetensi mengajar daring,” ujar Dr Nita Isaeni SIP MPd, Subkoor Pokja Transformasi  Pembelajaran Direktorat Guru Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Menurut Nita Isaeni, tenaga pengajar daring akan sangat dibutuhkan seiring perluasan akses pendidikan yang merata di Indonesia. “Kami harap kebermanfaatan program ini terus meluas bagi semua tenaga guru dan pengajar di seluruh wilayah Indonesia,” tegasnya.

Sementara Yoshua Yanottama, Senior Education Manager Cakap menekankan, saat ini Cakap Teacher Academy fokus pada pengajaran Bahasa Inggris. Namun Cakap berencana mengembangkan pelatihan mengajar pada berbagai topik pembelajaran lainnya di masa depan.

Kurikulum yang dibuat pada program ini telah melewati berbagai macam fase dan tahapan sehingga siap untuk memberikan ilmu dan ajaran baru untuk terus mengembangkan sumber daya pengajar di Indonesia.

“Pelatihan di Cakap Teacher Academy menggunakan interactive self-paced learning, sehingga peserta dapat mengatur jadwal pembelajarannya sendiri,” tuturnya.   

Menurut statistik dari laporan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun ajaran 2019/2020, jumlah guru di Indonesia mencapai 2,698,103 orang. Dalam situasi pandemi yang membuat banyak berpindah menuju arah digital.

Dengan adanya Cakap Teacher Academy, Cakap berharap pengajar Indonesia semakin siap untuk mengajar tidak hanya secara luring namun juga secara daring.

Kelulusan batch 1 dan 2 ini merupakan langkah pertama menuju Indonesia lebih kompeten. Dengan ini kami harap semakin banyak pengajar yang percaya pada pelatihan Cakap Teacher Academy.

“Sebagai perusahaan edutech, Cakap akan senantiasa meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia secara menyeluruh. Baik dari sisi murid yang bergabung dalam kelas kami, serta guru yang tergabung dalam ekosistem pengajar Cakap,” beber Tomy. 

Seiring dengan target ini, Cakap kembali membuka program Cakap Teacher Academy di 2022. Cakap juga mengadakan perekrutan pengajar secara terbuka memberikan kesempatan bagi calon guru untuk bergabung bersama Cakap.

Kandidat pengajar dapat mengirimkan CV / Resume lengkap ke email HRD Cakap hrd@cakap.com. wid

#cakap #cakapteacheracademy #platform

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)