Senam Yoga Anak Tak Hanya untuk Kesehatan, dan Tumbuh Kembang, Ini Manfaat Lainnya

1772 views

iniSURABAYA – Yoga tak hanya untuk orang dewasa. Anak-anak pun bisa melakukan yoga agar tubuh tidak hanya sehat, melainkan juga tumbuh dan berkembang sesuai usianya.

Sekitar 30 anak dengan rentang usia 5-12 tahun sangat antusias mengikuti arahan setiap gerakan dari instruktur di acara senam yoga yang diadakan Hotel Premier Place Sidoarjo, Sabtu (21/7/2018).

Gerakan yang diajarkan instruktur mulai dari warming up pose, relaxation hingga meditation pose. Agar anak-anak semangat saat menjalani arahan instruktur, orangtua diberi kebebasan ikut dalam kegiatan senam yoga yang berlangsung selama sekitar 90 menit tersebut.

Gerakan yoga untuk anak–anak yang dilakukan tidak difokuskan pada kesempurnaan sebuah pose, melainkan lebih menekankan pada dasar–dasar yoga dan juga penerapan latihan pernapasan.

“Upaya mengenalkan yoga sedini mungkin ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran orang tua, keluarga masyarakat dan pemerintah untuk lebih meningkatkan kualitas kehidupan anak khususnya secara jasmani. Jadi tak semata sebagai kegiatan seremonial,” ujar Sheila Ardilla, Marketing Communication Hotel Premier Place.

Menurut Sheila, banyak manfaat yang diambil dari kegiatan yoga untuk anak-anak, baik dari sisi psikis dan karakter di lingkungan sekolah maupun keluarga. “Yoga dapat memberi sensasi feel good, meningkatkan rasa menghargai diri sendiri, serta kemampuan untuk berekspresi,” katanya.

Melalui kegiatan senam yoga, lanjut Sheila, anak-anak ini diharapkan dapat mengoptimalkan minat dan bakat yang dimilikinya. “Sehingga kelak mereka punya kesiapan diri dalam memasuki jenjang kehidupan lebih baik sebagai generasi penerus bangsa,” tegasnya.

Usai senam yoga, anak-anak ini makin semangat ketika diminta untuk menuju meja yang sudah tersaji aneka kudapan sehat, seperti jus buah, salad buah serta hidangan manis lainnya. “Ini memang cara kami dalam memeringati Hari Anak Nasional. Memberi mereka kesempatan menjalani aktivitas yang bisa mendukung proses tumbuh kembang yang juga menjadi hak anak-anak ini,” kata Sheila. sum

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 700x100)