Simak, 10 Larangan Saat Penerapan PPKM Level 3 Selama Libur Nataru

713 views
ILUSTRASI – Penyekatan di kawasan exit tol Sidoarjo saat penerapan PPKM beberapa waktu lalu.

iniSURABAYA.com – Pemerintah bakal kembali menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Kebijakan yang diterapkan mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 itu berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

Artinya, saat libut Natal dan Tahun Baru 2022, penduduk negeri ini diharapkan lebih banyak melakukan aktivitas di rumah saja. Upaya memperketat pergerakan masyarakat ini sebagai upaya mencegah terjadinya gelombang 3 kasus Covid-19.

“Kebijakan ini diperlukan untuk menghambat dan mencegah penularan Covid-19, tetapi ekonomi harus tetap bergerak,” kata Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

Penerapan PPKM Level 3 itu disampaikan Muhadjir saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Antisipasi Potensi Peningkatan Kasus Covid-19 pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang dilakukan secara daring, Rabu (17/11/2021).

Muhadjir menekankan, kegiatan yang dilarang selama PPKM Level 3 saat libur Nataru di antaranya adalah perayaan pesta kembang api, pawai, arak-arakan, dan kegiatan lain yang mengumpulkan kerumunan besar.  

Berikut kegiatan yang dilarang selama PPKM level 3 saat libur Nataru:

  1. Dilarang melakukan pesta kembang api, pawai, arak-arakan yang mengumpulkan kerumunan besar. 
  2. Dilarang pulang kampung dengan tujuan yang tidak primer.
  3. Dilarang bepergian selama Natal dan Tahun Baru.
  4. Menutup fasilitas umum seperti alun-alun dan lapangan terbuka.
  5. Pemerintah memperketat aturan perjalanan naik transportasi umum, minimal sudah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama. 
  6. Dilarang mengambil cuti dan memanfaatkan libur nasional saat Natal dan Tahun Baru selama PPKM Level 3, bagi ASN, TNI, POLRI dan karyawan swasta.
  7. Selama PPKM Level 3, kegiatan di tempat ibadah maksimal kapasitas 50 persen. 
  8. Pembatasan jumlah pengunjung di bioskop hingga 50 persen. 
  9. Pembatasan jumlah pengunjung di tempat makan minum, kafe, dan restoran dengan kapasitas maksimal 50 persen.
  10. Jumlah pengunjung di pusat perbelanjaan maksimal kapasitas 50 persen sampai pukul 21.00 dengan penerapan  protokol kesehatan ketat

Muhadjir mengatakan, kebijakan tersebut akan diterapkan setelah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerbitkan instruksi menteri dalam negeri (inmendagri) terbaru. 

Sebab, inmedagri merupakan pedoman pelaksanaan pengendalian penanganan Covid-19 selama masa libur Nataru. Inmendagri PPKM Level 3 tersebut akan ditetapkan selambat-lambatnya pada 22 November 2021. wid

#liburnataru #nataldantahunbaru #pemberlakuanpembatasankegiatanmasyarakat #PPKMLevel3

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)