Olahraga Saat Puasa? Lakukan 4 Kegiatan Sederhana Ini Agar Stamina dan Daya Tahan Tubuh Tetap Terjaga

ILUSTRASI : Olahraga jalan kaki.

iniSURABAYA.com – Selama menunaikan ibadah puasa Ramadan ini, umat muslim tetap perlu menjaga stamina dan daya tahan tubuh, baik secara fisik maupun psikologis.

Secara fisik, selain memperhatikan asupan gizi cukup, ahli gizi Esti Nurwanti SGz RD MPH PhD juga mengingatkan pentingnya tetap berolahraga di bulan puasa dan sebaiknya dilakukan secara teratur setiap hari.

Bacaan Lainnya

“Puasa bukan jadi halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Olahraga bisa dilakukan dengan intensitas ringan sampai sedang setelah berbuka puasa agar fit, saat tubuh sudah terpenuhi asupan energinya,” ungkap Esti.

Berikut adalah beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan setelah berbuka puasa:

1. Jalan santai : Banyak manfaat jalan kaki bagi tubuh, antara lain menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, memperkuat tulang, serta mengurangi lemak tubuh

2. Jogging : Manfaat jogging bagi kesehatan, yaitu meningkatkan kekuatan tulang, memperkuat otot, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga berat badan.

3. Naik turun tangga : Gerakan sederhana seperti naik turun tangga dapat membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan dalam berolahraga, hingga meningkatkan kekuatan tubuh.

4. Sit up dan push up : Manfaat sit up dan push up adalah menjaga postur tubuh, membangun otot perut, mengurangi risiko nyeri pinggul, hingga meningkatkan kelenturan tubuh.

Selama menunaikan ibadah puasa, asupan gizi yang tepat menjadi semakin penting untuk diperhatikan karena meningkatkan dan mempertahankan imunitas tubuh diperlukan agar ibadah puasa berjalan baik dan lancar, serta menurunkan kemungkinan terkena virus.

Menurut Esti, salah satu sumber nutrisi yang baik adalah susu sapi segar karena memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan kita. Esti menganjurkan minum susu secara teratur dua kali sehari, pada saat sahur dan sebelum tidur.

Minum susu saat sahur dapat menambah cairan tubuh yang hilang dan membantu memberikan rasa kenyang lebih lama karena kandungan protein di dalamnya.

Susu juga mengandung kalsium dan sejumlah vitamin yang dibutuhkan tubuh, serta membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh saat berpuasa.

Segelas susu yang diminum di malam hari akan membantu kita tidur lebih cepat berkat asam amino triptofan dan melatonin. Asam amino triptofan merupakan senyawa yang memiliki sifat bawaan sehingga membantu proses tidur lebih cepat.

Selain itu, triptofan berperan dalam meningkatkan serotonin yang dapat mengatur suasana hati atau membantu sebagai mood booster, meningkatkan relaksasi tubuh, dan juga mempengaruhi produksi hormon melatonin dalam siklus tidur yang sangat penting saat berpuasa.

Susu segar juga turut berperan sebagai immunity booster dengan berbagai kandungan baik, terutama protein. Protein dibutuhkan dalam banyak fungsi vital dalam tubuh. Salah satunya adalah memaksimalkan kerja sistem imun dalam melawan berbagai infeksi.

Kandungan protein juga gunakan untuk membentuk otot. Sebanyak 90 persen kandungan protein yang bisa ditemukan di minuman seperti susu akan tubuh serap untuk muscle (otot) booster yang rusak.

Dengan berbagai manfaat dan kelebihan segelas susu yang bisa membantu memberikan booster untuk mood, imunitas dan otot, Greenfields mempersembahkan rangkaian produk susu segar dan dairy products agar bisa kita nikmati terutama di pagi hari saat Sahur, saat berbuka puasa, dan di malam hari sebelum tidur. wid

Pos terkait