Wasting & Stunting: Ancaman bagi Terwujudnya Generasi Emas Indonesia

Langkah pencegahan terjadinya kondisi malnutrisi menjadi sangat penting untuk menyelamatkan anak Indonesia. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sudah mengeluarkan program 1000 hari pertama kehidupan (HPK).

Yaitu upaya menjaga kesehatan dan gizi anak sejak dalam kandungan sampai berusia dua tahun, karena periode ini paling penting dan krusial dalam perkembangan seorang anak hingga dewasa. Upaya yang dilakukan untuk mencegah malnutrisi pada 1000 HPK di antaranya adalah inisiasi menyusui dini setelah bayi lahir, pemberian ASI eksklusif sampai bayi berusia enam bulan, lengkapi imunisasi, dan yang sering menjadi periode kritis adalah pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) sejak usia enam bulan.

Bacaan Lainnya

Sehingga sangat penting untuk memantau berat badan dan tinggi badan anak, serta memasukkannya dalam kurva pertumbuhan.

Seringkali seorang anak belum akan mengalami kondisi wasting atau stunting pada usia enam bulan pertama kehidupan karena kebutuhan nutrisinya masih mudah dipenuhi dengan pemberian ASI. Tetapi, pada usia enam bulan saat anak mulai dikenalkan MPASI, seringkali kenaikan berat badan dan tinggi badan seorang anak menjadi tidak optimal.

WHO sudah mengeluarkan edaran, bahwa MPASI yang baik adalah :

Pos terkait