Revolusi Industri Teknologi Menghadang di Tahun 2020, Yasa Optimis 10 Ketrampilan Ini Bisa Jadi Solusi Menghadapinya

1145 views

Yasa Paramitha Singgih, Founder Men’s Republic

iniSURABAYA – Tantangan dunia kerja di era serba digital ini makin rumit. Bahkan kalangan pengusaha memprediksi landscape kehidupan manusia bakal berubah dalam dua tahun mendatang.

Penyebabnya adalah revolusi industri teknologi ke-4 yang diyakini terjadi pada 2020. Kemajuan teknologi akan mendorong otomatisasi di hampir semua bidang industri.

Merespons fenonema ini, World Economic Forum memprediksi kebutuhan 10 Skills yang dapat dipelajari dan dipertajam untuk menyiapkan kita menuju tahun 2020. Skill-skill ini diyakini hanya dapat dikuasai oleh manusia dan tidak dapat direplikasi sepenuhnya oleh mesin.

Ke-10 skill itu adalah :
10. Skill Cognitive Flexibility
Skill ini agar selalu siap dan mampu untuk beradaptasi dalam menghadapi perpindahan dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya, tanpa mengurangi perhatian di masing-masing pekerjaan tersebut.

9.Negotiation skills
   Dengan maraknya robot, Artificial Intelligence dan teknologi otomatisasi pada Revolusi Industri ke-4 di tahun 2020, keterampilan sosial yang dimiliki manusia menjadi lebih penting di masa depan. Salah satu skill yang menunjang hal ini adalah Negosiasi.
Di era pasar dan ekonomi yang sangat terhubung dan kompetitif, keterampilan bernegosiasi dengan rekan kerja, manajer, klien, mitra, atau tim merupakan bagian yang tidak terhindari dalam berbisnis.

  1. Service orientation
    Skill kemampuan dan keinginan untuk mengantisipasi, mengenali dan memenuhi kebutuhan orang lain, kadang-kadang bahkan sebelum kebutuhan tersebut diartikulasikan.
  1. Judgment and decision-making
    Skills mengambil keputusan sangat penting, karena berpengaruh pada kehidupan yang akan datang, Kemampuan ini tidak mungkin di lakukan oleh mesin, karena membutuhkan pemikiran matang, pertimbangan dan diperlukan pendekatan-pendekatan humanis untuk melakukan nya.
  1. Emotional intelligence
    Emotional intelligence atau kecerdasan emosional (EI) mengacu pada kemampuan untuk memahami, mengendalikan, dan mengevaluasi emosi
  1. Coordinating with others
    Skill berkordinasi dengan berbagai pihak pastinya akan kamu gunakan terus di keseharian agar output yang kita kerjakan menjadi maksimal
  1. People management
    Skill ini digunakan oleh berbagai pemimpin perusahaan besar dalam memimpin dan menjalankan perusahaannya, menggunakan pendekatan human touch.
    Karena sekeren apapun strategi bisnis yang dimiliki sebuah perusahaan, kesuksesan tidak dapat diraih tanpa karyawan yang produktif, efisien, dan berkualitas.
  1. Creativity
    Creativity sendiri menjadi skill yang sangat penting dalam menyongsong berbagai disrupsi di dunia kerja. Dan dari skill inilah akan lahir inovasi-inovasi yang dapat membawa perubahan dan kemudahan untuk umat manusia.
  1. Critical thinking
    Skill ini membantu kita untuk berpikir logis dan rasional agar dapat menggunakan fakta yang ada dalam memecahkan masalah atau membuat keputusan.
  1. Complex problem-solving
    Laporan World Economic Forum menyampaikan bahwa skill Complex Problem Solving berada di peringkat 1 dari 10 skills yang diperlukan oleh para tenaga kerja untuk menghadapai revolusi industri ke-4 di tahun 2020.

Percepatan teknologi akan mengubah cara kita hidup dan bekerja, serta memunculkan berbagai problem baru yang sulit dipecahkan.

Maka dari itu, dengan memahami skill Complex Problem Solving, kita dapat segera beradaptasi untuk memahami dan menyelesaikan masalah-masalha kompleks yang hadir di sekitar kita.

Tantangan berikut tips menghadapi efek negatif Revolusi Industri Teknologi ke-4 tersebut akan dibeber di seminar bertajuk ‘Creative Skill for 2020’ yang diselenggarakan Beoku di CGV Cinemas, Marvell City Surabaya, Rabu 4 Juli 2018. Seminar satu hari itu mendatangkan Yasa Paramitha Singgih, Founder Men’s Republic.

Singgih bakal membahas rahasia di balik kesuksesannya dan cara menggunakan skills yang dia miliki dalam mengelola bisnis yang beromset ratusan juta. dit

#beoku #CreativeSkillfor2020 #marvellcity #revolusiindustriteknologi Surabaya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)