Inilah Cara Murid-Murid KB & TK Al Azhar 15 Surabaya Mengenal Lebih Dekat Para Veteran Pejuang Kemerdekaan

629 views
Dalam rangka Hari Kemerdekaan ke-74 RI dan Hari Veteran, murid-murid KB & TK Al Azhar 15 Surabaya unjuk kemampuan di hadapan para anggota LVRI di Lenmarc Mall.

iniSURABAYA.com – “Siapakah pejuang itu?” “Seperti apakah sosok pejuang di masa revolusi itu?”

pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul di benak anak-anak usai menerima pelajaran sejarah kebangsaan ini akhirnya terjawab. Figur yang selama ini hanya ada dalam angan itu kini ada di hadapan mereka.

Tak hanya bertemu langsung dengan 10 orang anggota LVRI. Puluhan murid Kelompok Belajar (KB) & TK Islam Al Azhar 15 Surabaya itu juga unjuk kemampuan di hadapan para ‘kakek mantan pejuang’ yang hadir di acara ‘Sejuta Senyum untuk Veteran’ yang digelar di Atrium Lenmarc Mall Surabaya, Sabtu (10/8/2019).

Anak-anak ini memamerkan kemampuan mereka berolah tari dan menyanyi. Selain menampilkan tari dolanan, murid-murid Al Azhar 15 Surabaya ini juga menyajikan tari tradisional lainnya, yaitu Lajengan.

Mereka menampilkan pula olah vokal lewat pentas choir yang membawakan dua lagu daerah Maluku, yaitu ‘Tanase’ dan ‘Hela Rotane’.

“Acara ini memang kami hadirkan agar agar mereka tetap ingat pada tari maupun lagu tradisional. Jangan hanya ingat lagu-lagu yang sedang hits saja,” cetus Rara Ayu, Ketua Pelaksana ‘Sejuta Senyum untuk Veteran’ kepada iniSurabaya.com.

Agenda kegiatan yang dilakukan siang hari itu, diakui Rara tak hanya untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-74 RI. “Karena tanggal 10 Agustus ini juga bertepatan dengan Hari Veteran, maka sekaligus kami ingin membuat anak-anak ini mengenal lebih dekat pada para pejuang negeri ini,” tandasnya.

Selain unjuk kemampuan menari, murid KB & TK Islam Al Azhar 15 Surabaya ini juga menunjukkan ketrampilan menghias talenan. Hasilnya, talenan yang sudah berwarna-warni itu mereka peragakan dalam acara fashion show.

Dan puncaknya, talenan itu pun dilelang. Dana yang diperoleh dari lelang karya tersebut kemudian diserahkan pada anggota LVRI yang hadir.

“Sebelumnya kami juga melakukan aksi ‘Kantong Senyum untuk Para Veteran’. Dana yang terkumpul dari para siswa selama seminggu juga kami serahkan pada para veteran tersebut,” ungkap Rara. dit

#lenmarcmall #mantanpejuangkemerdekaan #sekolahalazharsurabaya #veteranpejuang

Posting Terkait