Menyusuri Harmoni Akulturasi lewat Tur Tematik ‘Jajanan dari Seberang: Cita Rasa Oriental’

936 views
Surabaya Heritage Track kali ini menyajikan tema ‘Jajanan dari Seberang: Cita Rasa Oriental’. Tracker diajak menyusuri identitas Kota Surabaya melalui keragaman kuliner khas..

iniSURABAYA.com – Bagi penggemar kuliner tentu tak asing dengan sajian macam ote-ote, nasi goreng, soto, onde-onde, atau lontong mi.

Tetapi, seberapa banyak yang mengetahui persis asal muasal makanan tersebut? Paham kah kita bahwa sebenarnya aneka makanan itu berakar dari tradisi dapur Tionghoa?

Untuk mengisi agenda tur Surabaya Heritage Track (SHT) kali ini, House of Sampoerna menyajikan tema ‘Jajanan dari Seberang: Cita Rasa Oriental’.

Mulai Selasa (18/2/2020) hingga 19 Maret 2020, trackers (peserta tur SHT) diajak mengenali identitas kota Surabaya sebagai melting pot melalui keragaman kuliner khas yang sesungguhnya bertalian erat dengan kultur Tionghoa.

Peserta tur SHT akan diajak menengok serba-serbi pembuatan kecap manis di Pabrik Kecap Cap Jeruk Pecel Tulen. Serta ragam jajanan khas seperti cakwe, bakcang, ote-ote, lontong mi, soto dan lain sebagainya di Pasar Atom Surabaya.

Tematik Tur     : ‘Jajanan dari Seberang: Cita Rasa Oriental’
Jadwal Tur       :  Selasa – Kamis, 18 Februari – 19 Maret 2020
Waktu               : 10.00 – 11.30

Pemberhentian:
Pasar Atom Surabaya

Pasar Atom berdiri sejak tahun 1972 dan dikenal sebagai sentra penjualan produk berbahan dasar atom atau plastik.
Seiring dengan berkembangnya kebutuhan masyarakat, komoditi yang dijual di Pasar Atom semakin beragam. Kini Pasar Atom dikenal sebagai sentra kuliner akulturasi Surabaya dan etnis Tionghoa.

Kecap Cap Jeruk Pecel
Bisnis Kecap Cap Jeruk Pecel Tulen dimulai tahun 1937, dari generasi pertama Hwan Kieng Hien dan sang istrinya hingga generasi ketiga saat ini.
Pabrik Kecap Manis Asin Cap Jeruk Pecel Tulen (JPT) dikenal sebagai salah satu kecap paling populer di Surabaya, Lamongan, Krian, Sidoarjo, Gresik, bahkan beberapa daerah di NTT dan NTB.
Selain harganya yang terjangkau, cita rasa produk ini juga dianggap sama seperti dulu. dit

#houseofsampoerna #surabayaheritagetrack #turtematik

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)