Tebarkan Semangat Berbagi, SRPB Jatim Gandeng ES Peduli dan titipair.org Bantu Penyintas Bencana Semeru

188 views
SRPB Jatim menggandeng ES Peduli dan titiair.org menggelar aksi amal bagi para penyintas bencana Gunung Semeru.

iniSURABAYA.com | LUMAJANG – Aksi sosial untuk para penyintas bencana Gunung Semeru terus berlanjut. Kali ini Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim menggandeng Entrepreneur Smanisda (ES) Peduli dan titipair.org.  

Tim 11 orang ini terdiri dari pengurus SRPB Jatim, Entrepreneur Smanisda Peduli dan titipair.org berangkat menuju Desk Relawan di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Minggu (13/12).

Rombongan tersebut membawa bantuan mulai kebutuhan bahan pokok berupa beras, gula, minyak, serta minuman. Bantuan lain juga diwujudkan dalam bentuk makanan ringan, baju, kaos anak, masker medis, masker scuba, dan obat-obatan.

Selama dua hari (Minggu-Senin, 13-14/12/2020) tim ini membantu Desk Relawan. Hari pertama diawali dengan koordinasi dengan Koordinator Desk Relawan Suhariyono, yang merupakan warga Oro-oro Ombo dan Ketua Laskar Semeru.

Selanjutnya packing paket bahan pokok yang akan dibagikan untuk warga terdampak abu vulkanik dan lahar dingin Semeru.

Di hari kedua, mengadakan kegiatan baksos pembagian bantuan, setelah melapor ke Balai Desa Supiturang dan Pos Induk BPBD Lumajang.

Menurut Andreas Tirta Sinulingga, salah satu tim ES Peduli, kegiatan baksos ini merupakan bentuk kepedulian komunitas entrepreneur alumni SMAN 1 Sidoarjo ini.

“Alumni SMAN 1 Sidoarjo yang merupakan anggota komunitas ES Peduli, masing-masing memiliki usaha kecil dan menengah, ternyata memiliki rasa persaudaraan yang kuat dan saat ini ikut merasakan penderitaan penyintas di lereng Gunung semeru,” ujarnya.

Pria yang akrab dipanggil Koyas ini menambahkan, ES Peduli ingin berbuat meski tidak banyak. “Setidaknya inilah ikhtiar kami bersama, untuk semangat berbagi,” ujarnya Rabu (15/12/2020).

Selanjutnya, ES Peduli terus membuka kesempatan bagi para anggota Entrepreneur Smanisda dan simpatisan atau pendonor untuk menyumbangkan barang bantuan bagi warga terdampak bencana.

“Sebab, sesuai informasi, bencana hidrometeorologi di Jatim masih menjadi ancaman yang perlu diwaspadai,” tegasnya.

Sementara Dian Harmuningsih, Koordinator SRPB Jawa Timur menyatakan sinergitas organisasi relawan penanggulangan bencana, potensi sumber daya manusia, serta barang bantuan, digerakkan dalam sebuah koordinasi yang manis dan dinamis.

“Sebuah bentuk tanggung jawab moral bersama saat saudara kita tertimpa musibah,” tuturnya.

Dian berharap ke depan sinergitas antarorganisasi relawan tetap terjaga dan sukses mengemban amanah atas nama kemanusiaan.

Kegiatan Sosial titipair.org di Desa Supiturang
Dalam kegiatan sosial selama dua hari tersebut, aksi yang dilakukan komunitas titipair.org dilakukan di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

Komunitas yang berbasis di Sidoarjo ini sudah cukup banyak melakukan aksi sosial. Salah satunya adalah mendukung para relawan yang bersih-bersih sungai.

“Kami merupakan komunitas yang menggunakan media web, menerima donasi untuk support air minum masjid, panti asuhan, dan kegiatan sosial lainnya,” ungkap Mohammad Harun Trianto, Koordinator titipair.org.

Kali ini, bantuan yang dibawa untuk masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru sebanyak 60 dus air minum. Mereka juga memberikan donasi antara lain berupa tandon air, sepatu boot, sarung tangan, dan masker. dit

#entrepreneursmanisda #penyintasgunungsemeru #sekberrelawanpenanggulanganbencana #titipairorg

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)