Jenuh dengan Suasana Rumah? Scandinavian Style Bisa Jadi Opsi Menata Ruangan dengan Gaya Minimalis

362 views
Menata ulang desain interior rumah diperlukan agar suasana rumah jadi ‘segar’ dan kian nyaman dipakai berkegiatan.

iniSURABAYA.com – Generasi milenial cenderung menata rumahnya dengan gaya minimalis. Untuk rumah seperti ini, desain interior yang sesuai biasanya terinspirasi pada ‘Scandinavian Style’ atau ‘Tropical Style’.

Dua gaya desain interior rumah ini sebetulnya tidak jauh berbeda. Kalau pun ada perbedaan sangat tidak mencolok.

Perbedaan di antara kedua ‘style’ ini biasanya terlihat pada pemilihan warna, perabotan, hingga pernak-pernik yang menghiasi ruangan tersebut.

“Scandinavian style cenderung memakai warna alam yang cenderung soft seperti, abu-abu, hitam, cokelat muda, atau cokelat tua. warna-warna tersebut mewakili gambaran batu, tanah, dan kayu,” ungkap Yoko Yaninda, Visual Merchandiser TransLiving Ciputra World Surabaya kepada iniSurabaya.com, Rabu (3/3/2021).

Sedang Tropical Style, lanjut Yoko, biasanya didukung oleh warna lain seperti pink, hijau, kuning, dan warna-warna lain yang cenderung cerah.

Dari segi perabotan, Scandinavian Style sering menggunakan furniture sederhana dan menggambarkan alam, seperti kursi dan meja ini. Perabot juga menggunakan kaki yang terbuat dari kayu solid berbentuk ramping.

“Agar selaras dengan sekitarnya, pemilihan furniture pun warnanya sebaiknya netral. Begitu pula materi pendukung lain seperti karpet maupun frame,” kata Yoko.

Untuk menambah keasrian ruangan biasanya dihadirkan bunga dalam ruangan. Yoko menegaskan, untuk Scandinavian Style sebaiknya ambil warna putih, bukan yang warna warni.

“Bukan diharamkan, tetapi disarankan (pakai bunga warna putih). Karena kalau pakai bunga warna warni sudah tidak masuk kategori Scandinavian lagi,” tandasnya.

Jika ingin menambahkan hiasan, Scandinavian biasanya menggunakan gambar berbentuk geometri atau motif tegas. Sementara hiasan Tropical Style, bisa memakai bunga atau lukisan abstrak sebagai pemanis.

Ditemui di tempat yang sama, Stephana Fevriera, Promotion Coordinator CWS menyatakan, setelah setahun lebih banyak melakukan kegiatan di rumah karena pandemi, sudah waktunya untuk menata ulang ruangan dalam rumah.  

“Semua orang pasti sudah merindukan liburan tropis ke pantai atau ke tempat dengan pemandangan alam yang indah. Kalau bisa menghadirkan kesan tropical di rumah, pastinya kerinduan tersebut bisa sedikit terobati,” tuturnya.

Wanita yang akrab disapa Riera ini menekankan pula bahwa Trans Living di lantai 2 CWS hadir dengan beragam konsep dekorasi, termasuk Tropical Style dan Scandinavian Style yang bisa jadi sumber inspirasi makeover dekorasi rumah. dit

#ciputraworldsurabaya #gayaminimalis #generasimilenial #scandinavianstyle #transliving

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)