Lies Damayanti : Rias Pengantin Bonus Menyanyi

212 views
Lies Damayanti

iniSURABAYA.com – Di tengah pandemi yang belum berakhir, Lies Damayanti mengaku bisa bernafas lega. Pasalnya, meski ‘job’ menyanyi belum didapat lantaran panggung hiburan masih banyak dibatasi, penyanyi asal Surabaya ini dapat pemasukan dari ketrampilannya yang lain.

Artis yang baru merilis single ‘Alun-Alun Mojokerto ini memang tak hanya piawai olah vokal. Penyanyi pop dan dangdut campursari ini juga dikenal sebagai perias pengantin di daerah rumahnya di Warugunung, Karangpilang Surabaya.

Dan belakangan Lies menerima banyak permintaan untuk merias pengantin. “Alhamdulillah, untungnya masih ada job rias pengantin. Karena pandemi atau tidak, orang masih nikahan kan. Tentu dengan prokes yang ketat,” katanya kepada iniSurabaya.com.

Menurut Lies, dunia rias pengantin ini sudah dilakoni sejak tahun 2017. Awalnya dia ingin mendalami make up artis. “Tetapi sekalian saya putuskan kursus rias pengantin saja,” ungkapnya.

Lies menimba ilmu rias pengantin di Sanggar Rias Kerinci Sidoarjo, LPK Srikandi dan Jazirah Wedding Surabaya. Kini, Lies sudah mengantongi ijazah resmi sebagai perias pengantin.

Awal November 2017 jadi pengalaman pertama Lies merias calon mempelai. “Waktu pertama merias, tegang, nervous dan takut salah. Pulangnya nangis karena  kaki capek banget. Bayangkan, berangkat dini hari sampai jam 1 malam esoknya,” begitu tutur Lies.

Pengalaman lain yang tak bisa dia lupakan yakni saat pertama pegang pengantin  sesi acara ‘panggih’ (temu manten). “Saya sempat gemetaran. Alhamdulillah, akhirnya semua berjalan lancar,” katanya.

Lies menyatakan, di saat kondisi masih banyak ‘tekanan’ ini, dia justru memberi bonus pada pelanggannya. “Bonus nyanyi. Jadi habis merias, kalau waktunya longgar, sekalian naik panggung. Gratis, biar tambah pelanggannya. InshaaAllah,” urainya sambil tertawa.

Menurut Lies, banyak permintaan merias pengantin ini tak lepas dari promosi yang dia lakukan sembari menjalani profesi sebagai penyanyi. “Jadi kalau pas ada job nyanyi, aku juga sekalian promo rias pengantinku,” katanya.  

Tak sedikit anak pengusaha atau pejabat di Sidoarjo, Mojokerto, Pasuruan, Gresik dan Surabaya yang jadi pelanggannya.

Di dunia musik dangdut campursari di Jawa Timur, Lies banyak mengeluarkan lagu duet bareng Cak Sodiq New Monata, seperti lagu ‘Wegah’ (2018), ‘Sidoarjo Wayah Wengi’ (2019), dan ‘Jombang Ninggal Kenangan’ (2020).

Di tahun 2021, Lies sempat merilis single hits ‘Alun-alun Mojokerto’, dan ‘Pengen Dadi HPmu’. ana

#campursari #liesdamayanti #penyanyidangdut #riaspengantin

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)