Hankook Ajak Kendaraan Niaga Tetap Aman Jalankan Aktivitas Logistik Saat Libur Nataru

Ada 4 hal penting bagi pengemudi, khususnya kendaraan logistik di tengah kondisi jalan ramai selama libur Nataru.

iniSURABAYA.com – Kabar pembatalan PPKM Level 3 menjelang libur Natal dan Tahun Baru disambut gembira banyak pihak.

Apalagi pemerintah juga memastikan bahwa angkutan atau kendaraan niaga yang digunakan untuk pengiriman logistik atau barang tidak dibatasi pergerakannya.

Bacaan Lainnya

Artinya, mobilitas logistik antar daerah dan pulau berjalan normal selama periode libur Natal dan Tahun Baru. Hal ini tentunya menjadi berita yang menggembirakan bagi pelaku usaha, khususnya pemilik bisnis logistik.

Ahmad Juweni, National Sales Manager TBR (Truck & Bus Radial) PT Hankook Tire Sales Indonesia mengingatkan, saat libur akhir tahun umumnya kondisi jalanan lebih ramai dari biasanya, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan di jalan raya.

Ada beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan agar bisa berkendara secara aman dan nyaman sampai tujuan, khususnya bagi pemilik dan pengemudi kendaraan niaga yang akan melakukan perjalanan jauh lintas provinsi dan pulau, pada periode liburan ini. 

Istirahat Cukup 
Sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat oleh Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), menemukan bahwa di tahun 2009 hingga 2013, dari total 72.000 kecelakaan, yang berakibat pada sekitar 44.000 korban cedera, hingga 800 kematian diakibatkan pengemudi kelelahan.

Karena itu, pengemudi disarankan melakukan perencanaan perjalanan, sehingga waktu yang terbagi untuk mengemudi dan beristirahat menjadi lebih seimbang dan teratur.

Serta menjadi lebih efektif untuk menghindari mengemudi dalam keadaan mengantuk. 

Menjaga Kestabilan Kecepatan
Saat berkendara dengan kecepatan stabil dan dalam batas aman, otomatis pengemudi mengendalikan jarak antar kendaraan dengan baik, dan bisa berjaga-jaga jika ada pengendara lain yang melakukan pengereman mendadak.

Jarak yang lebih besar antara kendaraan dan mobil di depan juga dapat mencegah terjadinya kecelakaan beruntun, yang dapat membahayakan nyawa banyak pengendara.

Dikutip dari sebuah artikel di majalah Automotive Fleet Magazine, setiap satu persen terjadinya peningkatan kecepatan, maka peluang kecelakaan pengemudi meningkat menjadi dua persen.

Sedang kemungkinan cedera serius meningkat hingga tiga persen, dan kemungkinan fatal seperti kematian meningkat sekitar empat persen. 

Perhatikan Jumlah Muatan
Salah satu kondisi kendaraan niaga yang kerap ditemui di jalan adalah muatan berlebih. Dengan kondisi jalanan yang ramai saat musim liburan, truk over dimension over loading atau ODOL dapat membahayakan tidak hanya pengemudi, tetapi juga pengendara lainnya.

Salah satu bahaya dari truk ODOL adalah tercecernya atau jatuhnya muatan yang ada pada bagian belakang truk, dan membahayakan kendaraan lain yang sedang berkendara di sisi samping atau belakang truk.

Truk dengan kondisi ODOL juga menjadi sasaran tilang polisi, karena menyalahi peraturan lalu lintas. Pada banyak kasus muatan berlebih pada truk juga dapat mengakibatkan kecelakaan pada pengemudi truk itu sendiri, lantaran rem blong atau hilangnya kendali saat menyetir. 

Pastikan Cuaca Sebelum Mengemudi
Selain kondisi jalanan yang cenderung lebih ramai, kondisi cuaca di bulan Desember juga cenderung lebih basah dan berangin. Curah hujan tinggi pada bulan ini serta angin kencang dapat mengganggu kenyamanan berkendara, tidak jarang kendaraan tergelincir karena kondisi jalanan yang licin.

Dalam mengatasi hal tersebut, penting bagi pemilik dan pengemudi kendaraan niaga selalu memeriksa kondisi ramalan cuaca sebelum berkendara. Hindari mengemudi di tengah keadaan hujan lebat, yang dapat menyebabkan terbatasnya jarak pandang pengemudi hingga aquaplaning.

Jika terpaksa tetap mengemudi saat kondisi hujan lebat, pastikan membawa kendaraan dalam kecepatan stabil, menjaga jarak aman dengan mobil lain dan menyalakan lampu mobil. Usahakan juga untuk berhenti dahulu di rest area hingga kondisi hujan cukup reda dan aman untuk melanjutkan perjalanan. wid

Pos terkait