Rally Cross Championship 1st Series Beri Tantangan Berbeda pada Peserta, Mochamad Hafid: Lebih Sulit dari Arena Berpasir

347 views
Peserta Rally Cross Championship 1st Series dihadapkan tantangan berbeda karena tidak berada di landasan berpasir seperti sirkuit outdoor.

iniSURABAYA.com – Lenmarc Mall kembali jadi area gelaran balap mobil sport. Setelah agenda serupa yang dilakukan pada akhir 2020 silam, kini sedikitnya 43 unit mobil memeriahkan Rally Cross Championship 1st Series.

Lomba mobil remote control indoor dengan lintasan terpanjang ini diikuti ‘pebalap’ dari Surabaya, Sidoarjo, Malang, dan Lamongan, Minggu (23/1/2022). Track indoor di kompetisi ini adalah 26×18 meter, plus enam tikungan, dan tiga jumping.

“Sedikit kesulitan karena track di kompetisi ini berbeda, bukan pasir seperti biasanya. Jadi mobil sering terguling. Kalau di pasir kan bisa spin,” ungkap Mochamad Hafid, peserta Rally Cross Championship 1st Series dari Sidoarjo.

Pria usia 40 tahun ini mengaku sudah puluhan kali ikutan lomba serupa, baik di Sidoarjo maupun Jakarta. “Hampir tiap minggu ada lomba di Sidoarjo. Sering menang sih. Ini lagi persiapan untuk kejuaraan nasional,” paparnya.  

Hafid mengoleksi sekitar 10 unit mobil remote control di rumahnya. “Tetapi yang sering dipakai untuk rally hanya dua,” tegasnya.

Unit mobil yang dia miliki produk Tamiya SV 01, LC Racing, dan HSV Flying Fish. “Unit-unit yang biasa dipakai untuk RC Rally,” tandasnya.  

Seluruh mobil itu dibeli dari e-commerce yang kemudian dia rakit sendiri, lalu diberi baterai untuk pembangkit listriknya. “Kalau perawatan bagus, baterai bisa tahan agak lama, pemakaian bisa setahun. Tetapi jika perawatan kurang bagus, baterai bisa kembung,” imbuhnya.  

Untuk memenuhi hobi yang digeluti sejak 2016 itu, Hafid mengalokasikan dana sekitar Rp 500.000 setiap bulan. “Biasanya untuk ganti ban. Sekali kompetisi Rp 100.000 untuk ganti ban,” urainya.

Sementara Saryono, penyelenggara Rally Cross Championship 1st Series menyatakan, kompetisi kali ini untuk kategori penggerak 4 roda skala 1:10. “Track-nya memang berbeda. Tantangannya adalah bukan di pasir seperti kompetisi outdoor. Ini rally tarmac,” tegasnya.  

Karena itu peserta ditantang menguasai unit mobilnya dengan baik agar tidak terguling saat melintasi tikungan. “Kompetisi ini booming sejak pandemi. Karena orang suka kegiatan di outdoor. Tetapi kali ini kami adakan di indoor dengan track lantai mall,” ujarnya. ap

#lenmarcmall #mobilremotecontrol

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 700x100)