Mahasiswa Fikom Universitas Ciputra Ajak Anak-Anak Sanggar Merah Merdeka Bangkitkan Tren Ecoprint

Dengan bimbingan mahasiswa Fikom Universitas Ciputra Surabaya, anak-anak Sanggar Merah Merdeka asyik belajar membatik.

iniSURABAYA.com – Mengenalkan batik sejak dini sebagai wastra nusantara yang perlu dilestarikan. Upaya itulah yang coba dilakukan mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2021 Universitas Ciputra Surabaya saat melaksanaan pengabdian masyarakat.

Target para mahasiswa ini adalah anak-anak kelas 3 SD sampai kelas 6 SD yang bernaung di bawah binaan Sanggar Merah Merdeka. “Kami melalukan edukasi mengenai membatik dengan cara ecoprint,” ujar Valentino, salah satu mahasiswa Fikom Universitas Ciputra Surabaya.

Bacaan Lainnya

Untuk memudahkan kegiatan, edukasi membatik ini dilaksanakan di Sanggar Merah Merdeka yang berlokasi di Jalan Lebak Arum Barat No 21 Surabaya.

Diakui Valentino, kegiatan pengabdian masyarakat itu tidak sepenuhnya berjalan mulus. Banyak faktor yang menghambatan anak-anak untuk berkreasi. Salah satunya adalah faktor cuaca yang memasuki musim hujan sehingga anak-anak tidak bisa datang ke sanggar.  

“Karena itu kami menggandeng Mas Rowi, koordinator SMM untuk mengajak anak-anak mengembangkan kreativitas mereka,” papar Valentino.

Anak-anak sangat antusias saat mengikuti kegiatan. “Karena mereka memang hobi menggambar dan mewarnai. Karena itu kegiatan ini mereka manfaatkan untuk hobi menyalurkan bakatnya,” ujar Vera, mahasiswa Universitas Ciputra lainnya.

Vera menyatakan, awalnya memang agak susah untuk beradaptasi dengan anak-anak karena mereka masih malu-malu. “Tetapi ternyata mereka semua asik-asik,” ujarnya. Vera dan teman-temannya berharap kegiatan membatik ecoprint ini bisa meningkatkan kreativitas anak-anak bangsa Indonesia. wid

Pos terkait