Makanan dan Minuman Ini Tidak Tepat Jika Disimpan dalam Kulkas, Perhatikan yang Nomor 8

iniSURABAYA – Kulkas atau lemari es selama ini diyakini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan banyak makanan maupun minuman sehingga bisa tahan lama. Karena manfaat inilah banyak orang ingin memasukkan semua jenis makanan dan minuman serta bahan makanan ke dalam lemari es.

Padahal, ternyata tidak semua makanan dan minuman perlu disimpan di dalam kulkas. Selain bikin penuh lemari es, untuk jenis makanan tertentu justru bisa merusak tekstur maupun rasanya.

Berikut informasi yang dikutip dari Purewow, Jumat (15/6/2018) yang bisa dijadikan panduan untuk memilah makanan dan minuman apa saja yang tidak tepat bila disimpan dalam kulkas.

  1. Mentega
    Mentega memang mengandung susu yang seharusnya disimpan di dalam kulkas. Di dalam kulkas, memang akan memiliki risiko lebih rendah untuk terkontaminasi dengan udara.
    Namun sebenarnya mentega tidak perlu disimpan di dalam kulkas. Agar mentega tetap awet, cukup diletakkan di dalam kedap udara dengan suhu dapur tetap berada di bawah 21 derajat Celcius.
  1. Melon
    Melon yang belum dipotong tentu akan memiliki kulit yang kasar. Melon seharusnya tetap berada di suhu ruangan hingga benar-benar matang dan manis. Dengan diletakkan di lemari es, melon tidak akan kunjung matang dan tidak akan manis.
  1. Tomat
    Sama seperti melon, tomat lebih baik disimpan pada suhu kamar. Jika khawatir tomat menjadi lunak, Anda bisa mendinginkannya. Namun lebih baik gunakan tomat segera agar kandungannya tidak rusak.
  1. Kentang
    Pendinginan akan membuat pati dalam kentang berubah menjadi gula. Yang berarti teksturnya akan menjadi kasar dan rasanya menjadi manis.
    Sebaiknya, simpan di dalam kantong kertas di tempat yang sejuk dan gelap untuk menjaga tekstur kentang.
  1. Bawang merah
    Jangan pernah simpan bawang merah di dalam kulkas, karena bisa membuat bawang merah menjadi lebih lembap dan lembek. Hal ini akan membuat bagian bawah rak menjadi kotor dan berair.
  1. Roti
    Roti biasanya hanya bertahan tiga hingga empat hari. Untuk memperpanjang usia roti agar tidak berjamur, Anda memang bisa menyimpannya di dalam kulkas. Namun jangan terlalu lama. Simpan makanan maksimal satu minggu di dalam kotak roti.
  1. Madu
    Menyimpan madu dalam kulkas akan membuatnya menjadi kristal. Jika sudah terbentuk menjadi kristal akan menjadi lebih sulit untuk dikonsumsi dan rasanya akan berubah.
  1. Kopi
    Kopi dikenal sebagai bahan yang mampu menyerap bau. Untuk itu jangan letakkan kopi di dalam kulkas karena akan menyerap bau dalam kulkas.
    Kecuali jika Anda memang menggunakan kopi untuk membersihkan bau dalam kulkas. Kopi sebaiknya disimpan dalam toples kecil di dapur.
  1. Basil
    Tidak seperti sayuran lainnya, basil pada suhu dingin akan menyerap bau makanan lainnya. Sebaliknya, jika diletakkan di meja dalam cangkir air, basil akan tumbuh menjadi tanaman yang segar seperti bunga. dit/dbs

Pos terkait