Kembangkan Bisnis Berbasis Sosial, Vania Santoso Punya Strategi Begini

957 views

Vania Santoso

iniSURABAYA – Menjalani bisnis berbasis sosial memang bukan hal yang mudah. Sebab dua hal tersebut bertolak belakang.

Namun, berkat keseriusan dan kerja kerasnya, Vania Santoso akhirnya bisa mengembangkan model bisnis yang tepat yang dapat menghasilkan keuntungan sambil memberi dampak sosial lebih besar bagi masyarakat.

Sarjana S1 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga lalu memaparkan pengalamannya mengembangkan produk-produk fashionable dengan merek ‘heySTARTIC’ itu.

“Kami berpikir keras untuk mencari cara agar proyek sosial bisa menjadi sebuah usaha sosial yang bekelanjutan. Kendala terbesar adalah pada proses pemasaran,” kata Vania dalam kegiatan Networking Day di Surabaya.
Kehadiran Vania di acara tersebut lantaran dianggap sukses memberdayakan masyarakat dari kelompok marjinal sebagai perajin di heySTARTIC, sebuah usaha sosial yang menginovasikan produk daur ulang. “Saya dan kakak (Agnes Santoso) kan sudah aktif dalam proyek sosial kepedulian lingkungan sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama,” ungkapnya.

Vania pun tergugah untuk fokus pada pengelolaan sampah yang bisa membuat orang bangga memakainya, seperti inovasi daur ulang kertas semen yang hasil akhirnya menyerupai kulit. Namun, saat tahap memasarkan hasil daur ulang itu Vania mengaku banyak hambatan.

Alasanya, menurut Vania, di Indonesia sendiri, produk sampah masih sering dipandang sebelah mata. “Akhirnya kami mulai mengembangkan produk-produk fashionable dengan merek heySTARTIC, Artistic Eco-fashion,” begitu kisahnya.

Diakui Vania, pada awalnya dia kesulitan membangun bisnis berbasis sosial ini. Sebab materi bisnis pada umumnya hanya fokus mengejar keuntungan. “Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman dari ikut-ikut lomba/konferensi, saya mulai bertemu para mentor dan sesama pebisnis sosial lainnya sehingga dapat mengembangkan model bisnis yang tepat untuk menghasilkan keuntungan sambil memberi dampak sosial yang lebih besar lagi bagi masyarakat,” urainya.

Kepada peserta kegiatan bertemakan Networking Day yang diselenggarakan Kopi Kapal Api di Satu Atap Co-working Space, Surabaya itu Vania menegaskan,”Dari situ saya sadar pentingnya support-system yang mendukung. Buat kalian yang baru akan memulai sebuah usaha sosial, perbanyaklah pengalaman.”

“Jangan ragu mengikuti kegiatan inspiratif seperti ini dan buat nyata gagasan yang kamu miliki lewat support-system yang disediakan di Secangkir Semangat ini,” tandasnya. dit

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)