Demo Masak Nasi Goreng di Quest Hotel, Putri Habibie Gunakan Quinoa sebagai Pengganti Nasi, Biji-Bijian Ini Ternyata Banyak Manfaatnya

1277 views
RA Marini Putri Ayu Habibie (kanan) mendampingi ibundanya menyiapkan menu Nasi Goreng Quinoa di acara Sunset Cooking Quest Hotel Surabaya.

iniSURABAYA.com – Masak nasi goreng memang gampang dilakukan. Siapa pun pasti mudah melakukannya.

Tetapi yang coba disuguhkan oleh RA Marini Putri Ayu Habibie adalah nasi goreng yang tak biasa. Sebab, Putri –begitu dia akrab disapa, memakai Quinoa sebagai pengganti beras.

Quinoa adalah biji-bijian yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa. Quinoa rendah karbohidrat, tinggi kandungan protein, kandungan lemak tak jenuh, kaya serat, dan mengandung berbagai mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

“Banyak manfaat kalau pakai Quinoa. Quinoa ini super food, cocok buat mereka yang lagi diet, karena bisa jadi alternatif pengganti nasi,” ungkapnya kepada iniSurabaya.com, Rabu (13/3/2019).  

Nasi Goreng Quinoa

Ditemui sesaat sebelum demo masak di acara Sunset Cooking Quest Hotel Surabaya, Putri menyatakan,”Quinoa ini bikin kenyang, tetapi gluten free, sehingga pas buat yang alergi gluten.”

Manfaat lain Quinoa menurut Putri adalah menurunkan gula darah, membantu proses diet karena bisa menurunkan berat badan. “Juga membantu pencernakan,” imbuh cucu dari Fanny Habibie, adik mantan Presiden BJ Habibie ini.

Banofie Pie

Masak menjadi kegiatan yang menyenangkan, itulah yang coba ditularkan Putri lewat demo memasak yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Wanita Sedunia tersebut. Maka, selain menghadirkan Nasi Goreng Quinoa, Putri juga pamer ketrampilannya meracik Banofie Pie.

Beda dengan Nasi Goreng Quinoa yang menu makanan sehat, Putri mengaku Banofie Pie ini malah bisa bikin gendut. “Tapi manfaatnya, kita jadi makan buah karena bahan dasarnya adalah pisang,” tandas Putri yang mengelola sekolah memasak bernama Lady Bake Cooking Class ini.

Ditambahkan pula bahwa Banofie Pie yang menggunakan bahan berupa pisang sunpride ini banyak kandungan potassium dan vitamin. “Menu ini cocok buat anak-anak yang kesulitan makan buah. Bisa dimulai dengan memberikan hidangan yang menarik salah satunya ya Banofie Pie,” ujarnya.  

Alumnus dari program S2 MM in Creative Marketing Binus Business School ini menyatakan, tidak tertutup kemungkinan bahannya diganti buah lain sehingga menjadi rasa yang berbeda yang lebih enak. “Bisa pakai buah lain, misalnya buah peach, strawberry, atau apel.”

“Tetapi ingat, kalau bahannya diganti, namanya tentu bukan Banofie Pie lagi,” cetusnya sambil tertawa.    

Mengenai pisang sunpride, Putri menyatakan sebagai buah lokal yang mudah didapat dan selalu dalam kondisi bagus. “Bahan tidak susah didapat, dan tidak mahal juga. Alat yang dipakai juga tidak sulit, sehingga memasak menjadi kegiatan yang menyenangkan kita semua,” pungkasnya. dit

#pisangsunpride #putrihabibie #questhotel #quinoa

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)