Paduan Goresan Sketsa dengan Teknologi 3D AR, Inilah Inovasi Gres Mr D di Visma Gallery

Mr D menghadirkan karya seni yang tak biasa. Memadukan goresan sketsa dengan aolikasi yang didukung teknologi 3 D Augmented Reality.

iniSURABAYA.com – Seniman asal Surabaya, Doddy Hernanto tak pernah berhenti berkarya. Kali ini kreasinya tidak diwujudkan dalam bentuk seni musik, melainkan seni lukis.

Pria yang lebih dikenal dengan sapaan Mr D ini ternyata memang multi talenta. Selain piawai memetik gitar, goresan tangannya juga menghasilkan wujud-wujud gambar yang enak dinikmati.

Bacaan Lainnya

Tetapi, bukan Mr D jika tak menghadirkan sesuatu yang berbeda. Sebab, karya sketsanya ini bisa dinikmati dengan cara berbeda, yaitu melalui apikasi SnapCard.

Hanya dengan mengunggah aplikasi yang didukung teknologi 3D Augmented Reality (AR) tersebut, goresan Mr D bisa jadi lebih hidup.

“Karya seni ini benar-benar berbeda dari yang pernah ada. Kita bisa melihat video saat meletakkan ponsel (telepon seluler) di depan sketsa Mr D,” celetuk Bertha, salah seorang pengunjung pamer karya sketsa bertajuk ‘White on Black’.

Sebanyak 24 lukisan sketsa dipajang di Visma Art Gallery Surabaya mulai Senin (22/4/2019). Pameran tunggal kedua Mr D ini akan berlangsung hingga Sabtu (27/4/2019).

“Visualisasi lewat aplikasi ini memudahkan pengunjung untuk lebih memahami karya,” ujar Mr D kepada iniSurabaya.com.

Yang lebih unik, tak hanya dalam bentuk gambar bergerak, lewat aplikasi SnapCard ini juga terdengar suara-suara yang berbeda di setiap karya lukis. “Biasanya saya bikin sketsa dulu, baru kemudian membuat video untuk kemudian ‘ditempel’ di lukisan sehingga muncul saat dihadapkan pada aplikasi,” ungkapnya.

Tetapi, lanjut Mr D, tidak jarang gagasan muncul dari video-video yang sering dia lihat di jejaring internet. Video itu lalu dia wujudkan dalam bentuk gambar sketsa.

“Tetapi, tentu dengan modifikasi sesuai imajinasi saya,” tandasnya. Dan ketika gambar sudah jadi, Mr D memastikan tidak memakai video yang menjadi pemicu ide karya sketsanya.

“Saya akan berkreasi membuat video berbeda dengan inspirasi video sebelumnya,” beber pria yang juga dikenal dengan julukan ‘Gitaris Satu Jari’ ini. dit

Pos terkait