Antisipasi Pembukaan MERR 2C, Pemkot Surabaya Tambah Rute Suroboyo Bus

134 views

iniSURABAYA.com – Rute Suroboyo Bus terus bertambah. Setelah jalur Purabaya-Rajawali, dan ITS-Unesa, kini Pemkot Surabaya membuka rute Gununganyar-MERR yang berlanjut hingga Kenjeran.

Pada tahap awal yang dioperasikan adalah rute Gununganyar-MERR. Sepanjang rute ini terdapat 35 titik bus stop yang juga berfungsi sebagai halte.

Menurut Irvan Wahyudrajad, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, untuk sementara pihaknya menyediakan empat unit bus. “Idealnya sih 20 unit. Tetapi nanti bertahap dilakukan penambahan sambil terus dievaluasi,” paparnya.

Ditekankan pula, pengadaan Suroboyo Bus ini diharapkan jadi solusi angkutan alternatif ketika nantinya MERR 2C yang dimulai dari perempatan Jl Arief Rahman Hakim sampai jembatan/Tol Tambak Sumur selesai.  

Irvan menyatakan, sesuai informasi yang diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya, poros MERR 2C mulai dibuka pada Oktober mendatang.

Diakui Irvan, Gunung Anyar-MERR adalah wilayah yang cukup sibuk dengan volume kendaraan tinggi karena banyaknya sekolah, rumah sakit, apartemen, pasar, sampai mall.

Karena itu dia menyarankan agar masyarakat mulai menggunakan Suroboyo Bus atau jenis angkutan umum lainnya. “Beralihnya penggunaan kendaraan pribadi menuju umum memang memiliki banyak dampak positif,” tandasnya.

Selain mengurai kemacetan, juga berdampak pada pengurangan polusi, hemat bahan bakar, hingga soal keselamatan anak sekolah. “Kami harapkan anak-anak sekolah yang belum cukup usia untuk memiliki SIM agar memanfaatkan Suroboyo Bus. Ini demi keselamatan mereka,” katanya.

Irvan tak menepis bahwa hadirnya Suroboyo Bus rute baru ini sebagai jawaban atas permintaan warga Kota Surabaya yang mengharapkan adanya Suroboyo Bus di wilayah MERR.  

“Tadi saja sudah banyak warga Gunung Anyar yang naik. Selain itu, murid-murid SMP 19 Surabaya dan St. Louis, semua ingin mencoba,” imbuhnya.

Informasi lain yang diperoleh iniSurabaya.com, trayek Suroboyo Bus dari Gunung Anyar ini akan berlanjut ke Jl Kenjeran. Perjalanan bus berplat merah ini mulai U-turn Puri City kemudian menuju Jl Kenjeran dan menuju timur hingga U-turn ketiga.  

Berikutnya kembali lagi melewati Jl Ir Soekarno sisi timur. Berlanjut belok ke Jl Kertajaya Indah hingga bundaran ITS. Setelah dari bundaran ITS, bus melintasi Jl Ir Soekarno hingga kembali ke Jl Gunung Anyar.

Dari rute tersebut, ada dua titik halte yang menghubungkan dengan rute barat-timur. Yakni, Halte Kertajaya Indah dan bundaran ITS. Penumpang yang ingin melanjutkan ke tujuan lain di Surabaya Barat atau Selatan bisa menggunakan titik tersebut untuk beralih jalur atau oper. dit

#dinasperhubungan #gununganyar #suroboyobus

Posting Terkait